4 Penyebab Wireless Charging Smartphone di Mobil Tidak Berfungsi

VIVA Otomotif: Wireless charger di mobil
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA Otomotif – Mobil zaman sekarang dibekali dengan beragam fitur canggih, yang berguna untuk menambah kenyamanan. Salah satunya yakni wireless charger, yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone tanpa perlu menggunakan kabel.

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Meski pengoperasiannya mudah, namun penggunaan wireless charger pada mobil memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar sistemnya dapat berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa sistem wireless charger tidak berfungsi, dikutip dari laman Hyundai Indonesia, Jumat 9 Juni 2023:

Besok Ada Peluncuran Mobil SUV Keren, Simak Bocoran Spesifikasinya

Tidak Diaktifkan
Pastikan fitur wireless charger diaktifkan, baik melalui panel instrumen atau lewat tombol kecil yang ada di dekat peranti tersebut.

Smartphone Tidak Mendukung
Tidak semua smartphone mendukung fitur wireless charging. Sistem wireless charging membutuhkan adanya koil magnet yang terpasang di dalam smartphone. Pastikan smartphone Anda memiliki kemampuan wireless charging agar dapat menggunakan fitur ini.

Mobil Listrik Kuasai Setengah Penjualan Kendaraan

Casing Smartphone
Jika fitur sudah diaktifkan dan smartphone Anda mendukung wireless charging namun masih tidak berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah casing pada smartphone.

VIVA

Photo :
  • 1487217

Beberapa casing yang tebal dapat menghalangi coil magnet wireless charger, sehingga listrik tidak dapat disalurkan dengan baik. Coba lepas casing atau gunakan casing yang kompatibel dengan wireless charging.

Pemanasan Berlebih pada Smartphone
Jika pengisian daya dimulai namun tiba-tiba terhenti, hal ini bisa disebabkan oleh panas berlebih pada smartphone. Metode pengisian daya nirkabel cenderung menghasilkan panas, dan untuk melindungi perangkat, smartphone biasanya akan secara otomatis mematikan pengisian daya jika suhu terlalu tinggi.

Sebagai informasi, material yang digunakan untuk wireless charger terbuat dari kombinasi plastik dan karet. Tujuannya yakni supaya dapat menahan smartphone supaya tidak terpental.

Selain itu, bahan tersebut juga harus kuat menahan perubahan suhu karena proses pengisian daya tanpa kabel menghasilkan panas yang cukup tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya