Tips Siapkan Mobil Hadapi Musim Hujan

Ilustrasi mengemudi mobil di tengah hujan
Sumber :
  • Hyundai

VIVA – Meski saat ini masih pertengahan tahun, namun karena berbagai faktor beberapa wilayah di Indonesia mulai diguyur air hujan.

Mengejutkan Ini Harta Berjalan Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis

Pada musim ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil kesayangan Anda dapat melewati hujan dengan mudah. Berikut beberapa komponen yang harus diperiksa selama musim hujan, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia Rabu 21 Juni 2023:

Wiper
Pada musim hujan, komponen pertama yang perlu diperiksa adalah wiper. Jika wiper sudah kering dan tidak elastis, maka kemampuannya dalam menghapus air tidak akan maksimal dan dapat mengganggu pandangan Anda ke depan.

Viral Aksi Mobil Seruduk Warung Makan Pinggir Jalan, Sejumlah Motor Ringsek dan Pengunjung Luka

Cairan Wiper
Ketika hujan gerimis dan mobil kotor, cairan wiper dapat digunakan untuk membersihkan kaca. Pastikan cairan wiper tidak habis dan jika perlu, berikan cairan khusus untuk wiper.

Ban
Pada saat hujan, ada potensi terjadinya aquaplaning. Oleh karena itu, pastikan bahwa kondisi ban masih tebal dan alurnya dalam agar bisa memecah air dan mencegah ban tergelincir saat melewati genangan air.
 

Belum Punya Gaji Segini Jangan Mimpi Kredit Kijang Innova Zenix

Ilustrasi mobil menerjang genangan air (aquaplaning)

Photo :
  • Torque

Lampu
Ketika hujan, jarak pandang menjadi terbatas. Tidak ada salahnya untuk menyalakan lampu saat hujan. Pastikan semua lampu pada mobil berfungsi dengan baik agar Anda lebih mudah terlihat oleh pengendara lain.

Kelistrikan
Pada saat hujan, sistem kelistrikan mobil mungkin bekerja lebih keras, misalnya untuk mengoperasikan wiper, lampu, dan lainnya. Pastikan bahwa tegangan listrik dari alternator cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya