Tips Membersihkan Interior Mobil Berbahan Fabric

VIVA Otomotif: Ilustrasi membersihkan karpet mobil
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta – Beberapa mobil yang dijual saat ini masih menggunakan bahan kain atau fabric. Beberapa bagian mobil tetap terbuat dari bahan fabric, seperti pelapis jok dan karpet.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Beberapa orang bahkan lebih suka menggunakan bahan fabric ini karena beberapa alasan, seperti tidak terasa gesekan atau tidak terlalu panas saat terkena sinar matahari.

Namun, bahan fabric cenderung mudah kotor. Untungnya, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk membersihkan bahan fabric.

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

Berikut ini adalah rinciannya, yang dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia pada Selasa, 27 Juni 2023:

1. Vakum
Seperti biasa, kotoran yang tidak menempel dapat dihapus dengan menggunakan vakum, seperti bagian interior lainnya. Ini adalah langkah awal dalam membersihkan interior mobil.

All New Hyundai Santa Fe Sudah Bisa Dipesan, Siap Bikin Pajero Sport Ketar-ketir

2. Perhatikan Noda
Perhatikan noda atau bercak baru pada bahan fabric. Jika ada, segera bersihkan sebelum noda menyerap ke dalam jok atau bahan fabric. Anda dapat mencoba membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan lap sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

VIVA Otomotif: Ilustrasi membersihkan jok mobil

Photo :
  • Popsugar

3. Gunakan Sabun yang Tepat
Terdapat berbagai solusi pembersih untuk bahan fabric. Jika Anda tidak yakin, sabun seperti All Purpose Cleaner (APC) dapat menjadi solusi yang tepat. Semprotkan sabun tersebut dan lap untuk membersihkan material secara menyeluruh.

4. Vakum Basah
Jika masih ada sisa kotoran, gunakan vakum basah atau ekstraktor. Sistem vakum ini dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada bahan fabric dengan lebih efektif.

5. Keringkan
Setelah semua selesai, pastikan untuk mengeringkan material dengan benar agar tidak timbul jamur atau kelembaban di dalam mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya