Tips Aman Tidur di Mobil Pakai AC

VIVA Otomotif/Ilustrasi tidur di mobil
Sumber :
  • Motorbiscuit

Jakarta– Perjalanan liburan menggunakan mobil bisa menjadi sangat melelahkan, terutama jika jarak yang ditempuh sangat jauh. Meskipun tidur mungkin tampak sebagai solusi yang mudah, namun pemilihan tempat yang sembarangan bisa membawa risiko.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Salah satu bahaya yang muncul ketika memutuskan untuk beristirahat di dalam mobil, yakni munculnya gas karbon monoksida yang berasal dari asap knalpot dan sangat beracun bagi tubuh manusia.

Sifat tak berbau dari gas ini membuat korban tidak menyadari, bahaya yang mungkin terjadi. Sirkulasi udara yang tertutup di dalam mobil dapat mempercepat penyebaran gas beracun.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Ketika kadar CO meningkat dan kadar oksigen dalam darah menurun, tubuh dapat keracunan dan menjadi lemas bahkan hingga kehilangan kesadaran. Dalam banyak kasus, korban bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah terpapar gas berbahaya.

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Auto2000, Senin 3 Juli 2023, apabila tetap ingin tidur karena sudah melewati batas waktu mengemudi maka hindari area tertutup seperti basement, karena sirkulasi udara di dalam area tersebut kurang baik dan gas beracun sulit keluar.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Pilih tempat yang benar-benar aman, seperti area rest area atau pom bensin yang dekat dengan pos penjagaan atau keramaian seperti minimarket. Jika tidur di malam hari dan suhu udara tidak terlalu panas, matikan mesin dan AC mobil serta buka jendela sedikit.

Jika ingin menyalakan AC, bukalah jendela sekitar 2 cm di kedua sisi kiri dan kanan mobil untuk membantu sirkulasi udara. Atau bisa juga memilih opsi sirkulasi luar pada pengaturan AC, agar udara segar dapat masuk.

Tentukan waktu tidur dengan mengatur alarm pada ponsel, misalnya 30 menit. Alarm juga akan membantu tidak tidur terlalu lelap, dan akan terbangun jika ada masalah seperti kesulitan bernapas.

Jika merasa mual, pusing, atau tidak nyaman lainnya, segera bangun dan buka pintu mobil. Jika kesulitan bernapas dan membutuhkan bantuan orang lain, bunyikan klakson.

Penggunaan kasur hanya boleh dilakukan saat mobil berhenti. Apapun alasannya, seperti ingin anak tidur dan bermain dengan nyaman, jangan pernah menggunakan kasur saat mobil sedang bergerak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya