Wajib Tahu, Ini Bagian Motor yang Mudah Berkarat

Karat muncul di sepeda motor yang baru dikirim kepada pemiliknya.
Sumber :
  • Rushlane.com

Jakarta – Motor merupakan salah satu kendaraan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya mobil, motor juga memerlukan perawatan agar tetap dalam kondisi yang baik.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Salah satu musuh utama motor adalah karat. Karat tidak hanya merusak tampilan motor, tetapi juga dapat mengurangi kinerja dan masa pakai komponen-komponen penting.

Beberapa bagian motor lebih rentan terkena karat dibandingkan yang lain. Pada umumnya, bagian-bagian tersebut memiliki paparan langsung terhadap cuaca, debu, dan air.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Untuk menjaga motor tetap dalam kondisi optimal, penting untuk memahami bagian-bagian yang mudah berkarat dan melakukan perawatan yang tepat. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Suzuki Indonesia, Selasa 11 Juli 2023.

1. Rangka
Rangka motor sering kali terbuat dari bahan besi atau baja. Paparan air dan kelembaban udara dapat menyebabkan karat pada rangka motor. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan pelapisan dengan cat anti karat secara berkala dan hindari terkena air hujan yang berlebihan.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

2. Knalpot
Knalpot terbuat dari logam dan terpapar panas dan gas buang yang korosif. Kondisi ini membuat knalpot mudah berkarat. Membersihkan knalpot secara teratur dengan menggunakan produk pembersih yang sesuai dan menjaga knalpot tetap kering setelah digunakan dapat membantu mencegah karat.

Knalpot motor

Photo :

3. Pelek
Pelek juga rentan terkena karat, terutama pada bagian yang terpapar langsung oleh air hujan. Membersihkan pelek secara rutin dan mengeringkannya dengan baik setelah terkena air adalah langkah penting untuk mencegah karat.

4. Aksesori logam
Beberapa motor dilengkapi dengan aksesori logam seperti pegangan tangan, spakbor, atau penutup mesin yang dapat berkarat.

Membersihkan aksesori tersebut secara rutin dengan menggunakan produk pembersih dan melindunginya dengan lapisan pelindung seperti wax atau cairan anti karat dapat membantu menjaga keindahan dan kualitas aksesori.

5. Rantai
Rantai motor terbuat dari baja dan terkena gesekan dan kotoran selama penggunaan. Kondisi ini dapat mempercepat proses karat. Rajin membersihkan dan melumasi rantai adalah cara efektif untuk mencegah karat serta memperpanjang umur rantai motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya