Tutorial Cara Menjual Mobil Bekas yang Aman

VIVA Otomotif: Ilustrasi jual beli mobil bekas
Sumber :
  • Dok: Auto2000

Jakarta – Mengganti mobil dengan keluaran terbaru, menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat. Dengan cara ini, kendaraan yang mereka miliki selalu up to date dan mendapatkan perlindungan garansi.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Cara yang umum dilakukan yakni dengan menjual unit lama, lalu membeli model terbaru yang jadi incaran. Namun proses penjualan mobil bekas tidak selalu lancar seperti yang dibayangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menjual mobil bekas dengan lancar, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Auto2000, Rabu 19 Juli 2023.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Pertama-tama, pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan baik. Selain memberikan kenyamanan bagi calon pembeli, mobil yang terawat dengan baik akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika diperlukan, lakukan perbaikan di bengkel resmi yang terpercaya seperti Auto2000 untuk menjaga track record servis yang jelas.

Selanjutnya, pastikan semua dokumen mobil lengkap. Kumpulkan STNK, faktur, BPKB, dan panduan pemilik mobil. Pastikan juga pajak mobil telah terbayar dan tidak ada tunggakan tilang elektronik.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Periksa fitur-fitur mobil Anda dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Fitur yang berfungsi normal akan menarik minat calon pembeli.

Ilustrasi mobil bekas

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Bersihkan bagian eksterior maupun interior mobil. Pastikan semua sudut mobil terlihat bersih dan tidak ada goresan atau penyok pada bodi mobil. Di bagian interior, bersihkan dengan baik dan pastikan tidak ada bau yang mengganggu.

Lakukan pengecekan harga pasaran mobil bekas. Anda dapat melakukan pengecekan secara online atau dengan bertanya langsung ke showroom. Mengetahui harga pasaran akan membantu Anda dalam menentukan harga jual yang realistis.

Perlu waspada terhadap penipuan pembeli online. Saat ini, modus penipuan terhadap penjualan mobil bekas semakin banyak. Selalu perlihatkan fotokopi dokumen mobil sebelum transaksi selesai untuk menghindari penipuan.

Dampingi calon pembeli saat test drive dan lakukan transaksi di tempat yang aman, seperti rumah Anda. Jangan mudah tergiur dan minta bantuan anggota keluarga untuk mendampingi proses transaksi, dan jangan menerima pembayaran uang muka down payment sebelum bertemu langsung dengan calon pembeli.

Anda juga dapat memanfaatkan jasa THS Inspector dari Auto2000. Layanan ini menyediakan inspeksi mobil bekas oleh teknisi yang berpengalaman dengan laporan inspeksi yang terperinci dan sertifikat bergaransi.

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan solusi trade-in dari Auto2000. Anda tidak perlu menjual mobil bekas terlebih dahulu, melainkan Anda dapat menukarnya dengan mobil Toyota baru melalui Auto2000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya