Tips Merawat Motor agar Tidak Perlu Sering Servis

Ilustrasi parkir motor di rumah
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta – Merawat motor dengan baik adalah kunci untuk menjaga performa dan umur panjang mesin. Namun, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk melakukannya secara berkala.

Astra International Cetak Laba Bersih Rp 7,46 Triliun di Kuartal I-2024

Lantas, bagaimana cara menjaga motor agar tidak perlu sering diservis? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu merawat motor dengan optimal dan mengurangi frekuensi servis, dikutip VIVA Otomotif dari laman Astramotor, Jumat 21 Juli 2023:

1. Perhatikan Kondisi Oli Secara Berkala
Oli adalah darah bagi mesin motor. Pastikan untuk secara teratur memeriksa kondisi dan tingkat oli mesin. Jika oli sudah mulai kotor atau kekentalan berlebih, segera lakukan penggantian.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Oli yang baik akan membantu mengurangi gesekan di dalam mesin, mencegah karat, dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

Ilustrasi cek oli motor matik

Photo :
  • Dok: Evalube
Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

2. Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Rantai Motor
Rantai motor merupakan komponen penting yang mempengaruhi kinerja motor. Periksalah kekencangan rantai secara berkala dan pastikan tidak ada tanda-tanda karat.

Jika terdapat karat, bersihkan dan olesi rantai dengan oli khusus rantai. Rantai yang terawat dengan baik akan meminimalkan keausan pada bagian lainnya.

3. Perhatikan Kondisi Aki
Aki yang sehat sangat penting untuk kelancaran sistem listrik pada motor. Periksa secara berkala tingkat air aki dan pastikan terminalnya bersih dari korosi.

Jangan biarkan aki terlalu lama dalam kondisi kosong karena dapat menyebabkan kerusakan sel aki. Pastikan juga aki selalu terisi penuh saat digunakan.

4. Jaga Suhu Mesin Saat Memanaskan
Saat memanaskan motor, lakukan dengan bijak. Panaskan motor selama beberapa menit hingga suhu mesin cukup hangat.

Hindari memanaskan terlalu lama atau menggeber motor secara berlebihan saat masih dingin. Pemanasan yang tepat membantu oli melumasi komponen dengan baik sebelum digunakan.

5. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas
Pilihlah bahan bakar berkualitas tinggi dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bahan bakar yang baik akan membantu menjaga kondisi mesin dan mengurangi risiko kerusakan.

Petugas mengisi kendaraan konsumen dengan BBM jenis Pertamax Turbo di SPBU Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya