Rekomendasi Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Ilustrasi pencurian sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA/Abd Aziz

Jakarta – Memastikan motor aman dari pencurian adalah hal yang sangat penting. Selain mengandalkan kunci standar, Anda dapat meningkatkan keamanan dengan memasang kunci tambahan.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Berikut adalah beberapa tips penggunaan kunci tambahan untuk meningkatkan perlindungan motor, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia, Rabu 26 Juli 2023:

1. Kunci Rantai

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Pertimbangkan untuk menggunakan kunci rantai yang kuat dan tahan karat. Pasang kunci ini pada bagian roda atau rangka motor dan kunci ke benda yang kokoh seperti tiang atau pagar. Kunci rantai yang terlihat kuat dapat menjadi penghalang yang efektif bagi pencuri.

2. Kunci Cakram

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Kunci cakram tambahan adalah pilihan yang praktis dan efisien. Kunci ini dipasang pada cakram rem depan motor dan memiliki mekanisme penguncian yang sulit untuk dibobol. Pilihlah kunci cakram yang kuat dan mudah dibawa.

Kunci cakram motor

Photo :
  • Motorbikewriter

3. Gembok Berkualitas

Jika Anda tidak memiliki kunci tambahan lainnya, sebaiknya gunakan gembok berkualitas untuk mengamankan motor. Pasang gembok pada bagian roda atau cakram dan pastikan untuk mengunci motor dengan benar. Hindari gembok yang mudah rusak karena bisa dimanfaatkan oleh pencuri.

4. Kunci Roda

Kunci roda pengaman adalah pilihan lain yang efektif. Kunci ini berfungsi untuk mengunci roda motor sehingga motor tidak dapat digerakkan. Pilihlah kunci roda pengaman yang dapat mengakomodasi ukuran roda motor Anda.

5. Griplock

Alternatif pengaman yang terakhir adalah griplock, yaitu jenis pengunci yang dapat dipasang pada tuas rem atau kopling dengan setang motor. Adanya alat ini akan membuat pencuri kesulitan untuk menggunakan tuas rem atau kopling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya