3 Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang Volumenya

Ilustrasi cek oli mesin mobil.
Sumber :
  • Youtube

Jakarta – Oli menjadi salah satu komponen yang punya peranan penting pada kendaraan, karena fungsinya untuk melumasi bagian mesin yang bergerak kencang.

Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

Apabila jumlahnya berkurang dari standar yang sudah ditentukan pabrikan, maka kinerja mesin bisa terganggu. Tanda-tanda kekurangan oli pada mesin mobil dapat mengindikasikan masalah serius, yang perlu segera ditangani.

Penggunaan oli yang memadai sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Berikut beberapa tanda bahwa oli atau pelumas berkurang jumlahnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia Senin 21 Agustus 2023:

Penampakan Mobil Porsche Hampir Terbalik Usai Hantam Tembok Markas Samapta Polrestabes Medan

1. Lampu Peringatan Oli Menyala

Salah satu tanda paling jelas adalah ketika lampu peringatan oli di dasbor mobil menyala. Lampu ini akan mengindikasikan bahwa tekanan oli dalam mesin berada di bawah standar yang diperlukan.

Peringati 20 Tahun Porsche Indonesia, 718 Cayman Style Edition Mejeng di Surabaya

Jika lampu ini menyala, segera berhenti dan periksa tingkat oli. Pastikan untuk mengisi oli dengan jenis dan tingkat yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Ilustrasi menuang oli mesin mobil

Photo :
  • Dok: PTPL

2. Suara Kasar dari Mesin

Kekurangan oli dapat menyebabkan gesekan berlebihan antar bagian mesin. Hal ini dapat menghasilkan suara-suara kasar atau berisik saat mesin beroperasi.

Bunyi seperti klik-klik atau gemeretak bisa muncul akibat komponen mesin yang tidak mendapatkan pelumasan yang cukup. Jika Anda mendengar suara aneh ini, segera periksa tingkat minyak dan isi jika diperlukan.

3. Peningkatan Suhu Mesin

Mesin yang kekurangan oli cenderung mengalami peningkatan suhu yang tidak normal. Kekurangan pelumas dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan panas berlebihan di dalam mesin.

Meskipun faktor lain seperti masalah pada sistem pendingin juga bisa mempengaruhi suhu mesin, kekurangan oli tetap salah satu faktor yang perlu diperiksa.

Mengabaikan tanda-tanda ini bisa berakibat buruk pada kesehatan mesin Anda dan menyebabkan kerusakan yang lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya