Bingung Pilih Coating atau PPF untuk Mobil, Ini Perbedaannya

VIVA Otomotif: Ilustrasi coating mobil
Sumber :
  • Dok: Shine and Tidy

Jakarta – Dalam dunia perawatan otomotif, dua opsi populer untuk melindungi cat mobil adalah Paint Protection Film (PPF) dan lapisan pelindung alias coating. Meurut pendiri Shine & Tidy, Fandi Usman, keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

PPF atau Paint Protection Film, dikenal sebagai pelindung cat kendaraan yang melibatkan penggunaan lapisan plastik tebal dan bening yang membungkus seluruh permukaan.

Meskipun efektif dalam perlindungan, Fandi menjelaskan bahwa biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil bisa mencapai puluhan juta rupiah sehingga hanya ideal bagi mereka yang siap berinvestasi dalam perlindunga ekstra untuk cat mobil.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

"PPF dengan perlindungan yang baik dan tidak merusak cat memerlukan biaya yang mahal, mencapai lebih dari Rp20 juta," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 26 Agustus 2023.

Di sisi lain, coating adalah pelapis bahan kimia yang menempel pada pori-pori cat kendaraan. Menurut Fandi, coating memberikan perlindungan pada cat dan efek kilau yang mengilap. Keuntungan utamanya adalah biaya yang lebih terjangkau dibandingkan PPF.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

"Keduanya baik dan memiliki karakteristik perlindungan masing-masing. Pemilik kendaraan dengan anggaran lebih bisa memilih PPF, sementara coating adalah opsi untuk menjaga tampilan kendaraan seperti baru,” tuturnya.

Sebagai informasi, Shine & Tidy menawarkan tiga paket coating yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan anggaran pelanggan.

"Dari paket 'shine booster' untuk kilau tambahan, hingga paket 'coating shine ultima' dengan perlindungan maksimal,” jelasnya.

Penting diingat bahwa untuk hasil coating yang optimal, disarankan untuk melakukan pemeliharaan setiap enam bulan sekali. Dalam acara pembukaan gerai mereka di Radio Dalam, Jakarta Selatan ada diskon 50 persen ditawarkan untuk paket-paket coating.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya