Penyebab Bumper Mobil Renggang dan Cara Memperbaikinya

VIVA Otomotif: Mobil SUV Suzuki Grand Vitara edisi lama
Sumber :
  • Dok: SIS

Jakarta – Bumper mobil adalah komponen yang penting dalam menjaga keamanan dan integritas kendaraan. Namun, ada berbagai alasan mengapa bumper mobil dapat menjadi renggang.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Pemilik mobil sebaiknya memahami penyebabnya, serta cara memperbaikinya untuk menjaga performa dan keselamatan kendaraan mereka.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia, Senin 11 September 2023, ada beberapa penyebab bumper mobil menjadi renggang.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Salah satu penyebab utama bumper mobil renggang adalah berkendara di jalan yang berlubang dan tidak rata. Goncangan yang dihasilkan dari jalan yang buruk dapat menggoyangkan bumper dan merusak klip pengikatnya, yang akhirnya dapat menyebabkan bumper menjadi renggang atau bahkan lepas.

Sering membuka dan memasang kembali komponen bumper, terutama saat melakukan perbaikan atau modifikasi dapat mengakibatkan aus atau patahnya klip pengikat. Hal ini dapat menyebabkan bumper menjadi renggang dan tidak terpasang dengan baik.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Benturan keras seperti menabrak benda padat atau kendaraan lain, juga dapat merusak bumper dan menyebabkannya menjadi renggang. Benturan ini bisa mengubah bentuk bumper dan merusak klip pengikat.

Al New Suzuki Ertiga

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Klip pengikat yang rusak atau patah adalah penyebab umum dari bumper mobil yang renggang. Klip ini bisa mengalami kerusakan karena berbagai alasan, termasuk usia, korosi, atau benturan.

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Renggang

Pertama-tama, ukur jarak renggang pada bumper untuk menentukan seberapa parah masalahnya. Lalu, lepaskan bumper dengan hati-hati, dan pastikan untuk menyimpan semua klip, baut, dan pengait yang dilepas. Jika ada bagian bumper yang rusak, segera ganti.

Jika lubang sekrup pada bodi mobil aus atau rusak, Anda perlu mengatur ulang tempat lubang tersebut menggunakan alat yang sesuai. Apabila diperlukan, lakukan pengeboran pada bodi mobil untuk memasang bumper kembali. Ini adalah tugas yang kompleks dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Terakhir, pasang bumper kembali dengan menggunakan klip, baut, dan pengait yang telah Anda simpan sebelumnya. Pastikan semuanya terpasang dengan benar dan sesuai ukuran yang telah diukur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya