Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Ilustrasi tambah angin untuk sepeda motor
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Jakarta, 7 Oktober 2023 – Ban motor adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda motor, yang memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Tekanan angin ban yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja ban yang optimal dan mencegah terjadinya berbagai masalah, seperti ban bocor, pecah, dan oleng.

Tekanan angin ban motor yang tidak tepat dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang. Tekanan angin ban yang terlalu rendah dapat menyebabkan ban menjadi oleng dan sulit dikendalikan, terutama saat melewati jalan yang tidak rata atau saat mengerem mendadak.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ilustrasi ban motor

Photo :
  • Istimewa

Di sisi lain, tekanan angin ban yang terlalu tinggi juga dapat berbahaya. Hal ini karena ban akan menjadi keras dan tidak dapat mencengkeram jalan dengan baik.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Akibatnya, motor menjadi sulit dikendalikan, terutama saat melewati jalan yang basah atau licin. Selain itu, tekanan angin ban yang terlalu tinggi juga dapat mengurangi kenyamanan berkendara dan mempercepat kerusakan ban.

Ukuran tekanan angin ban motor yang ideal bervariasi tergantung pada jenis sepeda motor dan ukuran ban. Sebagai acuan umum, berikut adalah rentang tekanan angin ban yang umum digunakan untuk beberapa jenis sepeda motor:

Motor matic: 28-30 psi (ban depan) dan 31-33 psi (ban belakang)
Motor bebek: 29-30 psi (ban depan) dan 31-33 psi (ban belakang)
Motor sport: 32-34 psi (ban depan) dan 39-41 psi (ban belakang)

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Astra Motor, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi tekanan angin ban motor, antara lain:

1. Beban
Tekanan angin ban motor perlu disesuaikan dengan beban yang dibawa. Semakin besar beban, semakin tinggi tekanan angin yang dibutuhkan.

Pemotor membawa barang berukuran besar.

Photo :
  • Welovehonda

2. Suhu
Suhu udara dapat memengaruhi tekanan angin ban. Tekanan angin ban akan cenderung meningkat saat suhu udara panas dan menurun saat suhu udara dingin.

3. Kondisi jalan
Tekanan angin ban motor juga perlu disesuaikan dengan kondisi jalan. Jika Anda sering melewati jalan yang tidak rata atau berlubang, Anda perlu menggunakan tekanan angin ban yang lebih tinggi untuk mencegah ban bocor atau pecah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya