Tips Menjaga Cat Mobil Tetap Berkilau

VIVA Otomotif: Daihatsu Ayla Sport di GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 9 November 2023Daihatsu terus berkomitmen mendekatkan diri kepada pelanggan dengan menghadirkan beragam program menarik, salah satunya diwujudkan melalui pemberian edukasi tentang cat mobil dan perawatannya.

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

Beberapa hari lalu, pabrikan otomotif asal Jepang itu menggelar acara bertajuk Daihatsu Club Painting Quality Workshop di PT Astra Daihatsu Motor – Technical Training Center, Sunter, Jakarta.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar anggota klub dan Daihatsu, acara ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan wawasan tentang proses pengecatan pada bodi mobil, hingga tips dan trik menjaga cat bodi mobil tetap berkualitas dan terawat.

Ribuan Mobil Daihatsu Memadati Area Bekasi

Dalam kesempatan ini, Daihatsu menjelaskan bahwa cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca, udara, karat, dan sekaligus memperindah tampilan pada eksterior mobil.

VIVA Otomotif: Pabrik Astra Daihatsu Motor

Photo :
  • Dok: ADM
Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Pengecatan yang dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor menggunakan standar manufaktur, yaitu Heat Polymerization yang merupakan proses pengecatan menggunakan proses dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius.

Proses pengecetan manufaktur di ADM memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer and sealing dengan lapisan terakhir adalah top coating.

Selain itu, cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan pelanggan.

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi ADM, dalam workshop ini Daihatsu juga memberikan tips-tips untuk merawat cat mobil agar tetap terawat dan berkilau, antara lain:

Simpan Kendaraan di Garasi
Menyimpan kendaraan di garasi dapat melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari langsung, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Apabila tidak memiliki garasi, dapat menggunakan cover khusus yang tidak merusak dan tahan terhadap cuaca.

Mencuci Mobil Secara Rutin
Mencuci mobil secara rutin dapat menghilangkan kotoran, debu, dan zat-zat berbahaya yang menempel pada permukaan cat. Lakukan pencucian mobil minimal seminggu sekali menggunakan air bersih, sampo mobil dan dilakukan pada tempat yang sejuk.

Periksa Cat Bodi Mobil Secara Berkala
Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

Perawatan Pemolesan
Perawatan pemolesan perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Pemilik dapat memilih material poles atau wax yang berkualitas baik, tidak berbahaya terhadap cat dan bebas amonia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya