Mobil Jarang Dipakai Berpotensi Rusak, Ini 5 Dampaknya

VIVA Otomotif: Suasana ruang servis mobil Hyundai.
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 10 November 2023 – Mobil menjadi salah satu moda transportasi utama di Indonesia. Namun, pada saat tertentu, mobil bisa jadi jarang digunakan. Misalnya, karena ada dinas keluar kota sehingga mobil hanya terparkir di rumah.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Padahal, mobil yang jarang digunakan berpotensi mengalami kerusakan. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, berikut adalah 5 dampak terbesar dari mobil yang jarang digunakan:

Ban kempis
Ketika mobil ditinggalkan dalam waktu lama, ban akan kempis dan bisa jadi mengalami deformasi. Hal ini karena titik berat pada ban tidak berubah untuk waktu yang lama sehingga berpotensi menimbulkan flat spot.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Aki soak
Ketika mobil lama tidak dihidupkan, maka aki tidak akan terisi ulang dayanya. Sementara itu, aki tetap terkuras dayanya karena beberapa fitur mobil yang standby, misalnya ECU, jam, hingga alarm.

Ilustrasi jumper aki mobil

Photo :
  • Consumerreports
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Bahan bakar basi
Ketika mobil sudah tidak lama digunakan, ada kemungkinan bahan bakar bisa basi. Bahan bakar basi sendiri bisa didefinisikan sebagai penurunan kualitas bahan bakar karena tercampur dengan senyawa lain, misalnya udara atau material tangki.

Oli mengendap
Ketika mobil tidak digunakan, maka tidak ada sirkulasi oli pada mesin. Hal ini berpotensi membuat oli mengendap pada bagian bawah karter oli yang membuat pelumasan mobil menjadi tidak optimal ketika hendak digunakan.

Wiper keras
Ketika mobil jarang digunakan, utamanya jika parkir di bawah sinar matahari, wiper bisa saja mengeras sehingga tidak optimal.

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:

Memanaskan mobil setidaknya 3 hari sekali
Memanaskan mobil selama 5-10 menit dapat membantu menjaga sirkulasi oli dan memaksimalkan fungsi aki.

Membawa mobil keliling sekali-kali
Membawa mobil keliling setidaknya seminggu sekali dapat membantu menjaga sirkulasi oli transmisi, ban, dan komponen lainnya.

Melakukan servis
Jika mobil sudah lama tidak digunakan, ada baiknya melakukan servis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya