Cara Mudah Hilangkan Kerak pada Kaca Spion Mobil

Kaca spion mobil
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 17 November 2023 – Kaca spion mobil yang kotor dan berkerak tentu akan mengganggu penglihatan pengemudi, terutama saat berkendara di malam hari.

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Kerak pada kaca spion mobil biasanya disebabkan oleh air hujan yang tercampur dengan kotoran dan debu, kemudian mengering dan membentuk lapisan kerak.

Dikutip VIVA Otomotif dari berbagai sumber, untuk menghilangkan kerak pada kaca spion mobil Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

Daihatsu Xenia Berusia 12 Tahun Ini Jadi Sorotan di Bekasi

1. Menggunakan cairan pembersih kaca

Fitur Blind spot warning di Toyota Yaris Cross

Photo :
  • Arianti Widya
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 30 April 2024

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan kerak pada kaca spion mobil adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Cairan pembersih kaca biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat merontokkan kerak dan kotoran.

Pertama, bersihkan kaca spion mobil dari debu dan kotoran yang menempel. Kemudian, semprotkan cairan pembersih kaca ke bagian kaca spion yang berkerak.

Diamkan selama beberapa menit agar cairan pembersih kaca bekerja, lalu gosok kerak pada kaca spion mobil dengan kain bersih. Lanjutkan bilas kaca spion mobil dengan air bersih.

2. Menggunakan cuka dan air

Cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan kerak pada kaca spion mobil. Cuka memiliki sifat asam yang dapat merontokkan kerak dan kotoran.

Caranya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Lalu tuang campuran cuka dan air ke dalam botol semprot.
Lanjutkan dengan menyemprot campuran cuka dan air ke bagian kaca spion yang berkerak. Diamkan selama beberapa menit agar campuran cuka dan air bekerja.

Gosok kerak pada kaca spion mobil dengan kain bersih, kemudan bilas kaca spion mobil dengan air bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya