Persneling Mobil Susah Masuk? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tuas transmisi manual
Sumber :
  • Cars

Jakarta, 22 November 2023 – Persneling mobil yang susah masuk merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik mobil. Kondisi ini dapat membuat pengendara kesulitan untuk mengoperasikan mobil, terutama saat sedang berkendara.

Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan persneling mobil susah masuk. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, dikutip VIVA Otomotiff dari laman Daihatsu Indonesia:

Pedal kopling transmisi manual

Photo :
  • Ralphstransmission
Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Kopling aus
Kopling yang aus dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi sulit. Hal ini terjadi karena kopling tidak dapat memindahkan daya dari mesin ke transmisi dengan sempurna.

Oli transmisi kurang
Oli transmisi berfungsi untuk melumasi komponen-komponen transmisi, termasuk roda gigi. Kurangnya oli transmisi dapat menyebabkan roda gigi menjadi aus dan sulit untuk bergesekan satu sama lain.

Daihatsu Xenia Berusia 12 Tahun Ini Jadi Sorotan di Bekasi

Sinkromes rusak
Sinkromes adalah komponen yang berfungsi untuk menyamakan putaran roda gigi saat perpindahan gigi. Kerusakan pada sinkromes dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi sulit dan macet.

Gigi transmisi aus
Ausnya gigi transmisi dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi sulit dan bahkan macet.

Transmisi tidak sejajar
Transmisi yang tidak sejajar dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi sulit. Hal ini terjadi karena roda gigi tidak dapat bergesekan satu sama lain dengan sempurna.

Jika persneling mobil Anda susah masuk, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. Perbaikan persneling mobil tergantung pada penyebabnya.

Apabila penyebabnya adalah kopling aus, maka kopling perlu diganti. Jika penyebabnya adalah oli transmisi kurang, maka oli transmisi perlu ditambah atau diganti.

Namun jika penyebabnya adalah sinkromes rusak, maka sinkromes perlu diganti. Jika penyebabnya adalah gigi transmisi aus, maka gigi transmisi perlu diganti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya