Tips Meninggalkan Sepeda Motor saat Libur Panjang Akhir Tahun

Ilustrasi standar tengah sepeda motor
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta, 22 Desember 2023 – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sebagian besar masyarakat berencana menghabiskan waktu di kampung halaman atau luar kota. Bagi yang memilih menggunakan transportasi publik, tentunya kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan ditinggal di rumah.

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Agar sepeda motor tetap prima saat kembali digunakan, yuk simak tips perawatan sebelum ditinggal liburan berikut ini, dikutip VIVA Otomotif dari laman Astra Honda:

1. Cuci bersih
Sebelum ditinggal, pastikan motor dicuci bersih dan dikeringkan sempurna. Ini mencegah korosi dan bau tak sedap selama ditinggal lama. Jangan lupa bagian kolong motor juga dibersihkan.

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

2. Kosongkan tangki
Kosongkan tangki bahan bakar jika mudik dalam waktu lama. Ini meminimalisir risiko kebocoran dan kebakaran. Sekalian cek kebocoran tangki, oli mesin, coolant, dan oli suspensi.

Ilustrasi cek bensin sepeda motor

Photo :
  • Dok: AHM
Via Vallen Curhat Perlakuan Keluarga: Aku Ini Anak Kandung Bukan Si?

3. Cek tekanan ban
Periksa tekanan ban sesuai ketentuan pabrikan, agar tak kempis saat ditinggal. Gunakan standar tengah saat parkir agar distribusi beban motor stabil dan tak membebani ban.

4. Cabut kabel aki
Cabut kedua kabel aki sebelum ditinggal. Aki yang tak dicabut berpotensi soak karena terus mengeluarkan sedikit daya walaupun motor tak digunakan.

5. Parkir di dalam ruangan
Cari tempat parkir aman dan terhindar panas hujan, idealnya di dalam rumah. Untuk proteksi ekstra, gunakan sarung motor.

6. Kunci Ganda
Pastikan motor dikunci setang dan gunakan kunci tambahan. Ini meningkatkan keamanan dan mencegah tindak kejahatan.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, motor Anda akan lebih terawat dan siap menemani perjalanan wisata atau aktivitas produktif sekembalinya dari liburan panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya