Panduan Aman Mengemudi di Malam Hari

Ilustrasi mengemudi di malam hari
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

Jakarta, 27 Desember 2023 – Mengemudi mobil di malam hari memiliki tantangan yang berbeda, dibandingkan dengan saat melintasi jalanan di siang hari.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kondisi jalan yang gelap, minimnya visibilitas, dan potensi gangguan dari luar menjadi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Untuk itu, penting bagi para pengemudi untuk menerapkan sejumlah tips berkendara aman di malam hari. Berikut adalah beberapa tipsnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Wuling Motor:

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Pertama, sebelum berkendara pastikan kendaraan dalam kondisi prima, termasuk lampu, rem, dan ban. Kemudian, atur supaya melaju di kecepatan rendah supaya lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Hindari menggunakan ponsel, karena mata akan membutuhkan waktu lebih lama untuk fokus ke jalan. Selanjutnya, pastikan mengecek situasi dengan baik sebelum berbelok. Terakhir, hati-hati saat melewati pejalan kaki, terutama di kawasan yang ramai.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Selain tips di atas, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan saat berkendara di malam hari. Misalnya, hindari berkendara sendirian supaya ada yang diajak mengobrol dan terhindar dari upaya kejahatan.

Pastikan istirahat yang cukup sebelum berkendara. Mengemudi dalam kondisi lelah dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Hindari mengonsumsi alkohol atau obat-obatan sebelum berkendara, karena dapat mengganggu konsentrasi dan refleks Anda saat berkendara.

Jika mobil dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa menjaga jarak secara otomatis, disarankan untuk mengaktifkannya. Selain bisa meningkatkan keselamatan, juga dapat mengurangi beban pengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya