Tips Mengatasi Masalah Koneksi Bluetooth di Audio Mobil

Ilustrasi Bluetooth / audio mobil / head unit
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

Jakarta, 3 Januari 2024 – Teknologi Bluetooth merupakan fitur konektivitas, yang semakin populer di mobil-mobil modern dan sudah umum tersedia di kendaraan keluaran terbaru.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke mobil untuk berbagai keperluan, seperti mendengarkan musik, melakukan panggilan telepon, atau menggunakan aplikasi navigasi.

Namun, masih banyak yang kesulitan menghubungkan smartphone mereka ke sistem audio mobil menggunakan teknologi nirkabel itu.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, berikut adalah cara menghubungkan smartphone ke mobil menggunakan Bluetooth, dikutip VIVA Otomotif dari laman Wuling Motors:

1. Hidupkan Bluetooth di smartphone dan mobil.
2. Buka menu pengaturan Bluetooth di smartphone.
3. Cari nama mobil Anda di daftar perangkat Bluetooth yang tersedia.
4. Klik nama mobil Anda untuk mulai proses pairing.
5. Masukkan kode PIN yang ditampilkan di layar mobil.
6. Klik "Pair" untuk menghubungkan smartphone ke mobil.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Setelah smartphone berhasil terhubung ke mobil, Anda dapat mulai menggunakan fitur-fitur yang tersedia seperti mendengarkan lagu hingga pemandu navigasi dan menerima panggilan telepon.

Untuk mendengarkan musik, buka aplikasi musik di smartphone Anda dan mulai putar lagu. Lagu yang Anda putar akan terdengar melalui speaker mobil.

Bagaimana jika koneksi Bluetooth sudah diaktifkan namun tidak bisa terhubung dengan audio mobil? Jangan panik karena ada cara mengatasi hal itu dengan mudah.

Cara yang pertama adalah matikan koneksi Bluetooth dari perangkat smartphone dan audio mobil. Kemudian setelah beberapa saat aktifkan kembali dan pastikan kedua perangkat telah terhubung dan tersambung dengan benar.

Apabila cara pertama belum berhasil, coba buka pada pengaturan Bluetooth ponsel kemudian pilih opsi ‘forget’ pada perangkat audio mobil. Kemudian sambungkan kembali Bluetooth ponsel dengan audio mobil seperti semula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya