Hati-Hati Rem Tangan Tersangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

Jakarta, 5 Januari 2024 – Bagi para pemilik mobil, pernahkah Anda meninggalkan mobil untuk waktu lama, misalnya saat berlibur ke luar negeri? Jika iya, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi rem tangan kendaraan.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Alasannya, jika mobil dibiarkan dalam waktu lama dengan rem tangan aktif, bisa menyebabkan rem tangan tersangkut. Hal ini dikarenakan kampas rem tangan yang terlalu lama aktif bisa saja tersangkut dan tidak mau lepas.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia:

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Rem tangan.

Photo :
  • Istimewa

1. Gunakan ganjalan untuk menahan mobil

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Ganjalan adalah cara paling efektif untuk mencegah rem tangan nyangkut. Pilihlah ganjalan yang kuat dan kokoh, seperti batu atau ban serep. Letakkan ganjalan di depan atau belakang ban mobil, tergantung pada kondisi parkir.

2. Pastikan mobil berada di posisi netral

Jika mobil berada di posisi netral, maka roda mobil akan bebas bergerak. Hal ini akan mengurangi beban pada rem tangan dan mencegah kampas rem tangan tersangkut.

3. Gunakan ganjalan tambahan jika mobil parkir di kondisi miring

Jika mobil parkir di kondisi miring, maka beban pada rem tangan akan lebih besar. Oleh karena itu, gunakanlah ganjalan tambahan untuk menahan mobil.

4. Masukkan persneling untuk mobil transmisi manual

Pada mobil transmisi manual, Anda juga bisa memasukkan persneling ke gigi 1 atau mundur untuk menahan mobil. Hal ini akan memberikan tambahan tahanan pada roda, agar tidak mudah bergerak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya