Kenali Tanda dan Penyebab Knalpot Mobil Bermasalah

Ilustrasi knalpot mobil
Sumber :
  • Dok: SIS

Jakarta, 11 Januari 2024 – Knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pembuangan gas buang dari mesin mobil. Fungsinya untuk mengurangi kebisingan, mengurangi polusi udara, dan membantu pendinginan mesin.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Salah satu masalah yang sering terjadi pada knalpot adalah kebocoran. Kebocoran knalpot dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penurunan performa mesin, peningkatan emisi gas buang, hingga kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, penting bagi pemilik mobil untuk mengenali tanda-tanda kebocoran knalpot. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kebocoran knalpot yang perlu diperhatikan, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

1. Suara mesin menjadi lebih berisik atau tidak biasa
Suara mesin yang berubah menjadi lebih berisik atau tidak biasa bisa menjadi tanda pertama kebocoran knalpot. Hal ini disebabkan oleh gas buang yang bocor dan keluar melalui celah atau lubang pada knalpot.

2. Penurunan efisiensi mesin atau adanya kehilangan daya
Kebocoran knalpot dapat menyebabkan penurunan efisiensi mesin atau adanya kehilangan daya. Hal ini disebabkan oleh gas buang yang bocor dan tidak dapat dikeluarkan secara sempurna dari mesin.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

3. Bau gas buang yang menyengat di dalam kabin
Bau gas buang yang menyengat di dalam kabin juga bisa menjadi tanda kebocoran knalpot. Gas buang yang bocor dapat masuk ke dalam kabin melalui celah-celah pada knalpot atau komponen lainnya.

Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa tanda-tanda kebocoran knalpot di atas, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa. Kebocoran knalpot harus segera diperbaiki untuk menghindari masalah-masalah yang lebih serius. Berikut adalah beberapa penyebab umum kebocoran knalpot:

1. Karat
Karat merupakan penyebab paling umum kebocoran knalpot. Karat dapat menyebabkan kerusakan pada pipa knalpot, sehingga menimbulkan celah atau lubang yang dapat menyebabkan kebocoran.

2. Retak
Retak juga dapat menjadi penyebab kebocoran knalpot. Retak dapat disebabkan oleh benturan, kecelakaan, atau kelelahan material.

3. Lubang
Lubang dapat disebabkan oleh kerusakan fisik, seperti benturan atau kecelakaan. Lubang juga dapat disebabkan oleh korosi, yang dapat menyebabkan pipa knalpot menipis dan akhirnya berlubang.

4 Sambungan yang tidak rapat
Sambungan yang tidak rapat juga dapat menyebabkan kebocoran knalpot. Sambungan yang tidak rapat dapat disebabkan oleh pemasangan yang tidak benar, atau karena aus atau rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya