Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Tes efisiensi kendaraan Ioniq 5 Bluelink
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 25 Januari 2024 – Cuaca panas di Indonesia bisa membuat suhu kabin mobil menjadi sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40°C. Hal ini tentunya dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman, bahkan bisa membahayakan kesehatan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga suhu kabin mobil agar tidak panas, terutama saat parkir di ruang terbuka. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia

1. Gunakan kaca film penolak panas

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Kaca film penolak panas dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin mobil. Kaca film ini memiliki lapisan yang dapat memantulkan sinar matahari sehingga suhu kabin akan lebih dingin. 

VIVA Otomotif: Panoramic Sunroof

Photo :
  • Dok: HMID
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

2. Tutup sunroof

Jika mobil Anda memiliki sunroof, tutuplah bagian visor dari sunroof. Sunroof yang terbuka akan membiarkan cahaya matahari masuk dan membuat kabin menjadi panas.

3. Buka kaca sedikit

Jika daerah parkir relatif aman dan tidak terdeteksi akan hujan, boleh membuka kaca sedikit agar kabin memiliki ventilasi. Jika memiliki talang air atau door visor, bukalah kaca tapi jangan sampai melewati batas visor. Hal ini akan membuat kaca mobil terlihat tidak terbuka serta masih aman bila ada hujan.

4. Gunakan penutup kaca

Penutup kaca dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin mobil. Penutup kaca ini biasanya terbuat dari bahan yang dapat memantulkan sinar matahari. 

5. Manfaatkan teknologi

Apabila mobil Anda dilengkapi dengan teknologi seperti Hyundai BlueLink, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyalakan mobil dan menyalakan AC terlebih dahulu dari jauh sebelum Anda masuk mobil. Hal ini akan membantu menurunkan suhu kabin sebelum Anda masuk mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya