Cuaca Jadi Ancaman Tersembunyi Bagi Mobil

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

Jakarta, 2 Februari 2024 – Cuaca ekstrem dan tidak menentu menjadi fenomena yang semakin sering terjadi di Indonesia.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Pergantian suhu yang drastis, dari panas terik di siang hari hingga hujan deras di sore hari, dapat memberikan dampak negatif bagi berbagai aspek kehidupan, termasuk kendaraan pribadi.

Bagi para pemilik mobil, cuaca yang tidak menentu dapat menjadi ancaman tersembunyi yang dapat membahayakan performa dan estetika kendaraan. Berikut beberapa dampak yang perlu diwaspadai:

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

1. Kerusakan pada Bagian Mobil
Perubahan suhu yang ekstrem dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi pada material mobil, sehingga mempercepat kerusakan pada bagian-bagian seperti karet, kaca, dan interior.

Karet pada jendela, kap mesin, dan pintu dapat mengeras dan rapuh, mengganggu kinerja wiper dan menyebabkan kebocoran air. Kaca mobil pun rentan retak atau pecah akibat perubahan suhu yang drastis.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Dampak juga dapat terlihat pada interior mobil. Dasbor dapat menjadi kusam, jok dan setir mengalami pecah-pecah dan mengelupas, serta material lain mengalami kerusakan akibat perubahan suhu dan kelembapan.

Cover jok dengan kulit sintesis.

Photo :
  • Istimewa

2. Munculnya Karat pada Bodi Mobil
Kelembapan tinggi akibat hujan dan perubahan suhu yang drastis menjadi faktor utama munculnya karat pada bodi mobil. Karat dapat merusak struktur mobil, mengganggu performa, dan mempersingkat usia kendaraan.

Bagian-bagian yang sering terkena karat adalah kolong mobil, knalpot, dan sambungan antar panel bodi.

3. Cat Mobil Kusam dan Mengelupas
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memudarkan cat mobil, membuatnya kusam dan tidak menarik. Hujan dan kelembapan pun dapat menyebabkan cat mobil mengelupas, merusak estetika dan nilai kendaraan.

Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto mengatakan bahwa pergantian suhu yang tidak menentu merupakan hal di luar kendali, dan  tidak ada cara untuk memprediksi cuaca dengan tepat.

“Sehingga, perlu untuk diingat agar selalu menjaga dan merawat mesin dan bodi mobil melalui pemeriksaan ke bengkel secara teratur dan rutin agar terhindar dari kerugian. Selain itu, penting juga memastikan bahwa kendaraan diberikan perlindungan asuransi terbaik agar terhindar dari berbagai macam risiko yang merugikan,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya