4 Tempat Tersembunyi di Mobil yang Sering Terlewat saat Dibersihkan

Ilustrasi membersihkan mobil.
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 5 Februari 2024 – Membersihkan mobil tak hanya sebatas eksterior, interior pun perlu perhatian. Vakum kabin menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan mobil.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa area tersembunyi yang sering terlewat saat vakum? Area-area ini mungkin luput dari perhatian, karena sulit dijangkau atau tersembunyi.

Berikut empat tempat tersembunyi di mobil yang sering terlewat saat vakum, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia:

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

1. Bawah Jok
Area bawah jok sering luput dari perhatian karena relatif sempit. Debu dan remah makanan mudah terperangkap di sini. Pastikan Anda maju-mundurkan jok saat vakum untuk membersihkan area ini secara maksimal.

2. Sela-Sela Jok
Sela-sela jok, terutama antara bagian bawah dan senderan, sering luput dari vakum. Saat membersihkan area ini, senderkan jok secara maksimal untuk memudahkan akses.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

3. Area Jok Terlipat
Pada mobil dengan jok baris ketiga yang dapat dilipat, seperti Hyundai Stargazer dan Hyundai Palisade, area ini sering terlewat. Pastikan Anda membuka jok baris ketiga dan membersihkannya saat vakum.

4. Armrest
Area armrest, terutama pada mobil non-captain seat seperti Hyundai Creta, sering terabaikan. Buka armrest dan bersihkan area dalamnya, untuk memastikan tidak ada kotoran yang terselip.

Vakum mobil secara rutin tak hanya membuat interior lebih bersih dan nyaman, tetapi juga memberikan manfaat lain, seperti menghilangkan bau apek dan debu, mencegah serangga seperti semut, serta menjaga kesehatan pengemudi dan penumpang.

Tips Vakum Mobil yang Efektif:

1. Gunakan vacuum cleaner khusus mobil dengan berbagai jenis attachment.
2. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan area detail.
3. Bersihkan karpet mobil secara terpisah.
4. Lakukan vakum secara rutin, minimal sebulan sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya