5 Cara Basmi Virus di Kabin Mobil

Interior Hyundai Palisade
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 19 Februari 2024Virus merupakan salah satu penyebab sakit yang mudah menular, termasuk di dalam mobil. Kabin mobil yang tertutup dapat menjadi tempat yang ideal bagi virus untuk berkembang biak.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kabin mobil untuk mencegah penyebaran virus. Berikut beberapa tips sederhana untuk membasmi virus di mobil, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia:

1. Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Gunakan lap microfiber dan disinfektan khusus untuk membersihkan area yang sering disentuh seperti setir, gagang pintu, tuas transmisi, dan tombol-tombol di dasbor. Pastikan mengikuti petunjuk penggunaan disinfektan dengan benar.

Microfiber

Photo :
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

2. Gunakan Desinfektan Mobil

Banyak produk desinfektan mobil tersedia di pasaran untuk menetralisir virus di udara. Anda dapat membawa mobil ke tempat cuci mobil yang menawarkan layanan desinfektan atau melakukannya sendiri dengan membeli produk desinfektan mobil di toko online atau offline.

3. Manfaatkan Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat membunuh virus. Parkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam. Buka jendela sedikit untuk ventilasi agar udara di dalam mobil bersirkulasi.

4. Ganti Filter Kabin Secara Rutin

Filter kabin berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel berbahaya dari udara yang masuk ke dalam mobil. Ganti filter kabin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, biasanya setiap 6 bulan sekali.

5. Gunakan Air Purifier

Air purifier dapat membantu membersihkan udara di dalam mobil dari virus, bakteri, dan kotoran. Pilih air purifier dengan filter HEPA yang dapat menyaring partikel berukuran kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya