Tips Merawat Head Unit Mobil Agar Awet dan Optimal

Audio mobil / sistem hiburan mobil / headt unit
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 4 Maret 2024Head unit merupakan salah satu komponen penting dalam mobil, yang memberikan hiburan dan informasi bagi pengemudi dan penumpang.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Agar head unit dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama, diperlukan perawatan yang optimal. Berikut beberapa tips untuk merawatnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

1. Bersihkan Head Unit Secara Rutin

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Debu dan kotoran yang menumpuk pada head unit dapat mengganggu kinerja dan menyebabkan kerusakan. Gunakan kain microfiber yang lembab dan bersih untuk membersihkan head unit secara rutin. Hindari penggunaan bahan kimia keras atau pembersih yang abrasif.

Ilustrasi Bluetooth / audio mobil / head unit

Photo :
  • Lifewire
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung dapat memudarkan warna dan merusak layar head unit. Sebaiknya parkir mobil di tempat teduh atau gunakan pelindung matahari untuk head unit.

3. Atur Volume Suara dengan Sewajarnya

Volume suara yang terlalu tinggi dapat merusak speaker dan amplifier head unit. Atur volume suara dengan sewajarnya dan hindari mendengarkan musik dengan volume maksimal dalam waktu lama.

4. Gunakan Kabel dan Konektor yang Berkualitas

Kabel dan konektor yang berkualitas buruk dapat menyebabkan gangguan sinyal dan masalah pada head unit. Gunakan kabel dan konektor yang sesuai dengan spesifikasi head unit.

5. Lakukan Update Firmware Secara Berkala

Update firmware dapat meningkatkan kinerja dan menambahkan fitur baru pada head unit. Periksa situs web resmi produsen head unit untuk mengetahui apakah ada update firmware yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya