3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan saat Mobil Diderek

VIVA Otomotif: Ilustrasi mobil terjebak banjir dan mobil derek.
Sumber :
  • Dok: Asuransi Astra

Jakarta, 14 Maret 2024Mobil mogok atau terjebak di situasi yang tidak terduga? Menderek mungkin menjadi solusi terbaik. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mobil diderek?

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, para pemilik mobil diingatkan untuk selalu memperhatikan tiga hal penting saat mobil diderek. Hal ini untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada mobil.

1. Perhatikan Posisi Transmisi

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Pastikan transmisi mobil dalam posisi netral saat diderek. Jika transmisi tidak dalam posisi netral, roda mobil akan berputar dan memaksa transmisi serta mesin bergerak tanpa kondisi menyala. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada komponen mobil.

Ilustrasi mobil transmisi otomatis

Photo :
  • Howstuffworks
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

2. Pastikan Roda Penggerak Tidak Menyentuh Tanah

Pada derek gantung, roda depan mobil diangkat dan roda belakang menyentuh tanah. Pastikan roda penggerak mobil tidak menyentuh tanah.

Sebagai contoh, jika mobil Anda berpenggerak roda depan, maka roda depan harus diangkat dan tidak boleh menyentuh tanah saat diderek. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada roda, transmisi, dan diferensial.

3. Lepaskan Rem Tangan

Pada derek gantung dan derek tarik, ban belakang mobil mungkin menapak dan harus berputar. Pastikan rem tangan tidak ditarik agar roda belakang dapat berputar bebas tanpa menyebabkan kerusakan pada rem.

Jenis Derek dan Tips Merawat Mobil

Selain tiga hal penting di atas, penting juga untuk mengetahui jenis derek yang digunakan. Ada tiga jenis derek yang umum digunakan, yaitu derek gendong, derek gantung, dan derek tarik.

Derek Gendong menjadi jenis derek paling aman, karena mobil sepenuhnya digendong. Sementara itu, pada derek gantung roda depan mobil diangkat dan roda belakang menyentuh tanah. Terakhir yakni derek tarik, di mana mobil ditarik dengan tali derek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya