Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil agar Tetap Awet dan Nyaman

Servis kaki-kaki mobil
Sumber :
  • Jantra

Jakarta, 23 Maret 2024 – Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian penting yang menunjang kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan kaki-kaki secara rutin. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kaki-kaki mobil agar tetap awet dan nyaman:

1. Hindari Jalan Rusak
Salah satu penyebab utama kerusakan kaki-kaki mobil adalah sering melewati jalan yang rusak. Jalan yang berlubang dan bergelombang dapat menyebabkan shockbreaker, bushing, dan tie rod menjadi cepat rusak. Sebisa mungkin, hindari melewati jalan yang rusak dan pilihlah jalan yang mulus.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

2. Perhatikan Beban Kendaraan
Membawa beban berlebih dapat memberikan tekanan yang besar pada kaki-kaki mobil. Hal ini dapat menyebabkan shockbreaker dan pegas menjadi cepat rusak. Pastikan untuk tidak membawa beban yang melebihi batas maksimal yang ditentukan oleh pabrikan.

Servis kaki-kaki mobil

Photo :
  • Jantra
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

3. Lakukan Spooring dan Balancing Secara Rutin
Spooring dan balancing adalah dua hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan dan pengendalian mobil. Spooring memastikan bahwa keempat roda mobil sejajar, sedangkan balancing memastikan bahwa roda berputar dengan seimbang.

4. Periksa Tekanan Ban Secara Rutin
Tekanan ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan kaki-kaki mobil bekerja lebih keras dan menjadi cepat rusak. Pastikan untuk selalu memeriksa tekanan ban secara rutin, minimal setiap seminggu sekali.

5. Segera Perbaiki Jika Rusak
Kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan bisa menyebabkan bagian lain ikut bermasalah, oleh sebab itu disarankan untuk melakukan perbaikan sesegera mungkin.

Salah satu bengkel yang menyediakan layanan perbaikan kaki-kaki mobil dengan lengkap adalah Jantrakakikaki, yang telah berpengalaman sejak tahun 2000 dan punya 16 cabang mulai dari Jawa hingga Bali.

Bengkel ini memiliki tenaga mekanik profesional yang bekerja dengan prosedur, dan menggunakan alat-alat canggih seperti scissor lift dan shaking machine untuk mendeteksi kerusakan. Jantrakakikaki juga memberikan garansi 1 sampai 2 tahun untuk setiap pengerjaan.

Pelayanan pengerjaan yang ditawarkan meliputi rack steer dan electric power steering (EPS), shock absorber, bubut rem cakram, penggantian bearing dan kampas rem, spooring dan balancing, hingga finish balancing.

"Kami selalu mengedepankan kenyamanan konsumen saat berkendara. Jadi, bunyi sekecil apapun bisa kami temukan dan perbaiki agar konsumen bisa berkendara dengan aman dan nyaman," ujar CEO Jantrakakikaki, J Al-Rasyid, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya