Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

VIVA Otomotif: Bengkel spesialis mobil matik Fans Auto
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Jakarta, 27 Maret 2024 - Mudik Lebaran merupakan momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Namun, perjalanan mudik dengan mobil dapat menjadi tidak menyenangkan jika kendaraan Anda tidak dalam kondisi prima.

Berikut 7 tips perawatan mobil untuk mudik yang aman dan nyaman, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Daihatsu Indonesia:

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

1. Ganti Oli Mobil
Oli mesin adalah pelumas penting bagi komponen mesin. Pastikan oli mesin diganti sebelum mudik, termasuk oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pilih oli terbaik sesuai spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban
Ban adalah penggerak utama mobil yang harus diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, lakukan Spooring dan balancing untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda. Hal ini penting untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

3. Periksa Komponen Rem
Pastikan rem dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

4. Ganti Air Radiator
Air radiator meredam panas pada dinding silinder saat mesin bekerja. Gunakan air radiator khusus untuk mobil berkompresi tinggi agar kinerja pendingin mesin optimal dan mencegah karat.

5. Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil
Aki mobil adalah sumber daya utama kelistrikan. Aki yang bagus menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan optimal. Periksa aki secara rutin untuk memastikan kondisinya.

6. Lampu dan Wiper
Lakukan servis rutin lampu dan wiper sebelum mudik. Ganti karet wiper yang sudah tidak berfungsi dengan baik agar visibilitas tetap terjaga saat hujan.

7. Filter Pendingin dan AC
Pastikan filter pendingin AC bersih agar AC bekerja optimal dan memberikan suhu yang dingin dan sejuk selama perjalanan. Lakukan pembersihan kondensor dan evaporator secara berkala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya