BBM Pertamax Palsu Bikin Rugi Rp2 Miliar, Ini Cara Bedakannya

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin
Sumber :
  • ANTARA PHOTO/M Agung Rajasa/ss/aww.

Jakarta, 2 April 2024 – Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri belum lama ini mengungkap kasus pencampuran Bahan Bakar Minyak alias BBM jenis Pertalite dengan pewarna, agar menyerupai Pertamax.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Empat SPBU di wilayah Cimanggis-Depok, Kebun Jeruk-Jakarta Barat, Banten, Depok dan Karang Tengah serta Pinang Kota-Banten terlibat dalam kasus ini.

Direktur Tidak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Nunung Syaifuddin mengatakan, lima orang telah ditetapkan sebagai tersangka, termasuk operator dan manajer SPBU.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

"Modus yang dilakukan para pelaku adalah dengan mencampurkan Pertalite dengan zat pewarna sehingga menyerupai Pertamax," ujarnya.

Nozzle Pertamax Green 95 di SPBU.

Photo :
  • Dok. Pertamina Patra Niaga.
Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Perbuatan ini dilakukan sejak Januari 2023 sampai Januari 2024. Dari hasil penyidikan, diperkirakan pelaku telah mendapatkan keuntungan lebih dari Rp2 miliar.

Barang bukti yang disita penyidik antara lain 29.046 liter BBM Pertamax yang diduga palsu, sampel Pertalite yang sudah dicampur zat pewarna, bahan pewarna, dokumen pemesanan dan penjualan BBM, serta alat komunikasi. Penyidik masih terus mengembangkan kasus ini untuk mencari kemungkinan adanya tersangka lain.

Kasus ini merupakan modus baru dalam penipuan BBM dan masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat membeli BBM di SPBU. Berikut beberapa tips untuk membedakan bensin asli dan palsu, dikutip VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda:

Menggunakan jari tangan
Masukkan jari tangan ke dalam bensin. Jika bensin cepat hilang atau mengering, maka itu adalah bensin asli. Jika tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah bensin oplosan.

Koran bekas
Tuangkan bensin ke koran bekas. Jika tulisan di koran luntur, maka itu adalah bensin oplosan. Jika tulisan masih bisa dibaca, maka itu adalah bensin asli.

Warna
Perhatikan warna bensin. Bensin asli memiliki warna yang cerah dan tidak meninggalkan banyak endapan di dasar botol. Bensin oplosan biasanya berwarna kusam dan meninggalkan banyak endapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya