Tips Sederhana Hemat BBM saat Arus Balik Lebaran

Mobil mengisi BBM di SPBU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Jakarta, 12 April 2024 – Lebaran telah usai, momen berkumpul bersama keluarga di kampung halaman kini saatnya berganti dengan rutinitas kembali ke kota asal.

Viral Ban Truk Copot dan Menggelinding Kayak di Film Dono

Arus balik mudik Lebaran 2024 diprediksi akan terjadi pada tanggal 12-16 April 2024, dengan potensi lonjakan volume kendaraan yang signifikan.

Untuk mengantisipasi kepadatan dan memastikan kelancaran arus balik, Korlantas Polri telah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas, seperti sistem ganjil genap, one way, dan contra flow, khususnya di jalur Trans Jawa.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Selain itu, keselamatan dan kenyamanan pemudik juga menjadi prioritas utama. Hankook Tire, produsen ban global asal Korea Selatan, turut memberikan tips aman dan hemat BBM bagi para pemudik. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi:

Arus Mudik Lebaran 2024, One Way di Gerbang Tol Cikampek Utama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pengakuan Mengejutkan Ojol Pencuri Velg dan Ban Mobil di ITC Cempaka Mas

Patuhi Aturan Lalu Lintas
Patuhi rambu-rambu lalu lintas, batas kecepatan, dan ikuti arahan petugas di lapangan. Gunakan jalur yang sesuai dengan jenis kendaraan, dan selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Manfaatkan rest area untuk beristirahat jika merasa lelah atau mengantuk.

Periksa Kondisi Kendaraan
Sebelum memulai perjalanan, lakukan servis kendaraan secara menyeluruh, termasuk mesin, rem, suspensi, dan ban. Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menghindari keausan ban yang tidak merata dan meningkatkan konsumsi BBM.

Tips Hemat BBM:

Gunakan Teknik Eco-driving
Hindari akselerasi dan pengereman mendadak, karena hal ini dapat meningkatkan konsumsi BBM. Gunakan gigi yang tepat sesuai dengan kecepatan kendaraan untuk menjaga efisiensi mesin.

Matikan Mesin Saat Berhenti Lama
Jika berhenti lebih dari 1 menit, matikan mesin untuk menghemat BBM.

Hindari Membawa Barang Berlebihan
Beban kendaraan yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi BBM. Bawalah barang seperlunya dan hindari membawa barang yang tidak terpakai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan arus balik mudik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan hemat BBM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya