6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Jasa membersihkan lampu mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

Jakarta, 25 April 2024 –  Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Namun, kerap penerangan jadi kurang maksimal karena mika lampu mobil yang kusam.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Selain itu, mika yang kusam pun membuat mobil terlihat kusam dan kurang estetik. Permasalahan yang terjadi biasanya mika lampu menjadi kuning, maka itu menjaga kebersihan mika lampu sangatlah penting.

Beberapa faktor seperti cuaca ekstrem, debu, hujan, polusi udara, dan umur kendaraan dapat menyebabkan kekusaman mika lampu. Jangan biarkan beberapa faktor tersebut membuat mika lampu kusam akibat kurangnya perawatan.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ada beberapa bahan sederhana sebenarnya yang bisa membersihkan mika lampu mobil yang kusam. Dilansir dari situs resmi Suzuki, berikut cara dan bahan untuk menghilangkan kusam pada mika lampu mobil:

1. Pasta Gigi

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Siapa sangka jika pasta gigi ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan mika lampu yang sudah kusam pada mobil. Anda hanya membutuhkan air bersih, pasta gigi, serta lap microfiber.

Pasta gigi dengan merata pada permukaan mika lampu. Biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Lap menggunakan microfiber, lalu bilas menggunakan air bersih dan bersihkan kembali menggunakan microfiber.

2. Lotion Anti Nyamuk

Selain pasta gigi, Anda juga dapat menggunakan lotion anti nyamuk untuk membersihkan mika lampu yang kusam dan kekuningan. Bahan ini diklaim cukup ampuh untuk membersihkan mika lampu yang buram, cara pengaplikasiannya sama seperti pasta gigi tadi.

3.Amplas Paling Halus

Bahan lainnya yang dapat digunakan yaitu amplas yang paling halus. Caranya yaitu basahi amplas dan mika lampu menggunakan air bersih. Selanjutnya, amplas permukaan mika lampu dengan hati-hati. 

Suzuki New XL7 Hybrid

Photo :
  • Doc. Suzuki Indomobil Sales

4. Cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kaca lampu yang sudah kusam. Anda bisa mencampurkannya 3 sendok dan cuka dengan 1 liter air. Sediakan juga 2 lap microfiber dan semprotan. Campurkan air dan cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada mika lampu. Gosok secara lembut menggunakan microfiber. 

5. Compound

Compound berfungsi untuk menghilangkan oksidasi pada plastik, kaca, ataupun mika lampu mobil. Cara menggunakannya yaitu oleskan pada mobil dan gosok perlahan menggunakan kain halus secara vertikal (naik turun).

6. Cairan Pembersih Khusus

Bahan paling efektif untuk membersihkan mika lampu yang kusam yaitu menggunakan cairan pembersih khusus. Anda bisa mendapatkannya di tempat cuci mobil atau di toko aksesoris mobil. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus pada permukaan yang ingin dibersihkan. Biarkan beberapa saat, lalu usap menggunakan microfiber halus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya