Usai Beli Mobil Bekas Jangan Lupa Balik Nama BPKB, Ini Syarat dan Biayanya

VIVA Otomotif: Ilustrasi mobil bekas
Sumber :
  • Goodcar.id

Jakarta, 21 Mei 2024 –   Membeli mobil bekas menjadi salah satu pilihan, karena harganya yang terbilang murah dan sesuai dengan kondisinya. Setelah membeli mobilnya jangan lupa siapkan dana untuk balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB

Polisi Terkunci di Mobil Usai Lakukan Perbuatan Tak Pantas

Ini demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terhindar dari salah sasaran tilang elektronik. BPKB dan STNK merupakan instrumen hukum yang sah untuk menyatakan suatu kepemilikan kendaraan. 

Sehingga, pihak terkait akan terhindar dari masalah kepemilikan bila melakukannya. Untuk melakukan proses balik nama BPKB dan STNK mobil bekas, ada beberapa berkas yang perlu disiapkan oleh pemohon. 
Jika mobil bekas itu berasal dari wilayah berbeda dengan domisili, maka perlu cabut berkas di kantor Samsat sesuai KTP pemilik mobil lama. Setelah itu, maka proses balik nama bisa dilakukan di Samsat yang sesuai dengan wilayah KTP Anda. 

Terpopuler: Sales Jual Mobil yang Belum Ada, SIM Indonesia Diakui di Luar Negeri

Beberapa berkas atau dokumen yang perlu dibawa, antara lain:

1. Fotokopi KTP pemilik kendaraan bermotor baru

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 31 Mei 2024

2. Fotokopi KTP pemilik lama

3. STNK asli dan fotokopi

4. BPKB asli dan fotokopi

5. Kwitansi bukti pembelian mobil dengan tanda tangan di atas materai

6. Bukti hasil cek fisik kendaraan

BPKB.

Photo :
  • www.toyota.astra.co.id

Serahkan semua berkas dan formulir yang perlu disii ke petugas di kantor Samsat. Jika sudah lengkap, Anda membayar biaya proses balik nama BPKB mobil.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri, maka biayanya Rp375 ribu. Sedangkan untuk STNK Rp200 ribu dan TNKB sebesar Rp100 ribu.

Akan tetapi di luar itu, ada biaya-biaya lainnya yang berbeda sesuai dengan harga beli mobil bekas tersebut. Ada biaya BBN-KB, Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ, hingga biaya pendaftaran balik nama mobil yang biasanya sebesar Rp100 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya