Belajar dari Tewasnya Pengemudi Porsche Tabrak Pantat Truk di Tol Dalam Kota

Porsche Cayman tabarak truk di tol dalam kota
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

Jakarta, 19 Juni 2024 –  Sebuah mobil mewah merek Porsche menabrak bagian belakang truk di tol dalam kota dekat GT Kuningan, Jakarta, hingga ringsek. Pengemudi langsung tewas di lokasi kejadian, seperti dikutip dari TMC Polda Metro Jaya.

Gegara Anaknya Tak Diterima di SMPN 1 Cibinong, Anggota Ormas Blokade Gerbang Sekolah Pakai Fortuner

Pengemudi Prosche adalah warga Mampang, Jakarta Selatan berinisial TP (31 tahun). TP langsung meninggal setelah Porsche yang dikendarainya menabrak bagian belakang truk berisi besi dengan keras.

Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi pada Rabu (19/6/2024) dini hari sekitar pukul 01.40 WIB di KM 5+200 B sebelum GT Kuningan 2. Adapun kronologi kejadiannya bermula saat Prosche melaju dari arah barat atau Semanggi menuju timur atau kuningan. 

Bule Inggris di Bali Diduga Mabuk Kendarai Mobil Ugal-ugalan, Tabrak Pengendara Lain

"Setibanya di KM 5+200 sebelum GT Kuningan 2, Prosche menabrak bagian belakang truk besi," tulis keterangan dari TMC Polda Metro Jaya, Rabu 19 Juni 2024.

Belajar dari kejadian ini, jalan tol memang sering terjadi peristiwa kecelakaan lantaran berbagai faktor yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah sang pengemudi tidak fokus dalam berkendara dan mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Jika Diskon PPnBM Mobil Digelar Lagi Demi Naikkan Penjualan, Cuma Untungkan Orang Kaya?

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan bahwa kondisi dan medan jalan tol memiliki karakteristik yang berbeda dengan jalanan dalam perkotaan.

"Jalan ini memiliki medan yang halus, relatif panjang dan tidak berliku, sehingga cenderung ‘memancing’ pengendara untuk tancap gas tanpa menghiraukan batas kecepatan kendaraan," ujar Sony saat itu.

Pemberlakuan Contra Flow di Tol Dalam Kota Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Untuk mengatisipasinya, dia memberitahu ada tiga cara persiapan penting sebelum memasuki jalan tol. Cara ini bisa diterapkan khususnya pengemudi yang baru saja belajar mobil agar tetap aman selama perjalanan. 

"Untuk persiapan pertama adalah fisik sang pengemudi, di mana mereka harus tidur cukup minimal tujuh jam sebelum berkendara untuk meminimalisir kelelahan saat di jalan tol," tambahnya.

Selain itu, persiapan kedua adalah mengecek mobil untuk kelayakan berkendara jarak jauh. Cara ini penting dilakukan agar suatu saat nanti ketika digunakan mobil memiliki performa yang baik dan tidak mengalami masalah di kemudian hari. 

"Pengemudi penting untuk memeriksa bagian tekanan angin, ketebalan ban, kondisi mesin, dan hal penting lainnya. Apabila sudah diperiksa, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan," jelasnya. 

Untuk cara terakhir adalah pemilihan rute dan waktu keberangkatan, karena berkendara siang atau malam, memiliki kondisi tantangan yang berbeda bagi pengendara. Jadi, sebagai pengemudi harus perhatikan hal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya