Efek Buruk Jika Pemilik Motor Injeksi Malas Isi Bensin

Servis motor Honda di AHASS
Sumber :
  • Wahana Honda

VIVA – Seiring perkembangan zaman demi memenuhi standar emisi, dan menekaskan efisiensi bahan bakar, saat ini sepeda motor yang beredar dipasaran tidak lagi menggunakan pengabutan karburator, melainkan injeksi.

Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Bertambah 3 Juta Unit

Motor injeksi memiliki beberapa keunggulan. Selain emisi lebih rendah, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih irit dari karburator.

Asupan bensin yang dialirkan ke throttle bodi yang disemburkan injektor ke ruang bakar dikontrol penuh dari ECU (Electronic Control Unit).

Honda Vario 125 Baru Sudah Ada di Diler, Harga Rp25 Jutaan

Mengingat sistem pengabutannya dikendalikan secara elektrik, potensi kerusakannya lebih besar. Terutama jika pemilik motor malas isi bensin, seperti dilansir website Federal Oil, Jumat 30 Mei  2025.

Jika kondisi bensin sering pas-pasan di dalam tangki, atau motor sering mengalami kehabisan bensin, menurut keterangannya dijelaskan kondisi tersebut bisa merusak fuel pump atau pompa bahan bakar. Kok bisa?

Diler Sepeda Motor Terbesar Ini Dinyatakan Bangkrut, Punya Utang Rp700 Miliar

Pasokan bahan bakar pada sistem injeksi dipompa dengan dinamo. Komponen ini perlu pendingin melalui bahan bakar. Kalau sering kehabisan bensin, komponen ini akan bekerja lebih keras dan tidak ada pendingin lagi.

Maka dari itu, pengguna motor injeksi untuk lebih memerhatikan isi tangki bensin motor. Jangan sampai harus keluar banyak uang, untuk mereparasi atau mengganti fuel pump yang rusak karena sering kehabisan bensin.

Terlepas dari efek buruk tersebut, pemilik perlu melakukan perawatan penting lainnya. Pertama, saat kendarai motor matik injeksi tidak dianjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor dengan mendadak.

Naikkan gas secara berlahan begitupula ketika hendak menurunkan kecepatannya. Selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar jangan sampai mengalami kekosongan karena akan beresiko macet dan sedikit lebih sulit ketika pertama kali menghidupkan mesinnya.

Pemeriksaan kondisi oli adalah mutlak, jangan sampai kurang atau sudah melebihi masa pemakaian. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai terjadi limit ataupun kering, lakukan pergantian oli secara berkala, gunakan oli terbaik standart motor matic injeksi yang dianjurkan pabrik pembuatnya.

Berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi merupakan hal paling riskan karena motor matic injeksi syarat dengan komponen elektronik dan memerlukan sumber daya listrik yang harus selalu terjaga dengan baik.

Yang paling penting adalah servis secara rutin di bengkel resmi untuk melaporkan segala keluhan serta perawatan pada bagian bagian yang vital seperti V-belt, roller, bearing serta komponen pendukung lainnya.

Touring Motul Indonesia bersama influencer ke NTT

Cara Motul Membuktikan Oli Motor Buatannya Disiksa Influencer Touring

Salah satu cara untuk membuktikan kualitas oli Motul sejumlah sepeda motor dari berbagai jenis menggunakan pelumas tersebut untuk touring ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2025