Ganti Oli Lebih Tepat Gunakan Patokan KM atau Bulan?

Penjualan Sepeda Motor Diprediksi Stagnan Tahun 2015
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Kendaraan bermotor yang kerap dipergunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari tentu rentan mengalami kerusakan. Nah, tentu sangat penting untuk mengetahui cara paling efektif untuk menjaga ketahanan mesin.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Rupanya yang menjadi syarat utama untuk menjaga mesin kendaraan bermotor adalah dengan rutin mengganti oli. Dengan rutin mengganti oli, tentu mesin kendaraan tak akan cepat rusak.

Saat ini banyak orang terlalu terpaku dengan kilo meter untuk mengganti oli. Padahal, idealnya, menurut Ahmad Bakrie selaku kepala mekanik Eka Jaya Motor, mengganti oli setiap satu bulan sekali justru lebih mumpuni.

"Mesin kendaraan bermotor itu bisa awet dan tak gampang rusak apabila si pengguna rutin mengganti oli setiap satu bulan sekali atau empat minggu," kata Bakrie, Kamis 5 Februari 2015.

Ia juga menilai bahwa pengendara kurang memperhatikan hal ini. Banyak pengendara mengganti oli hingga 3 bulan sekali dan ini adalah dasar penyebab mesin kendaraan gampang rusak.

"Banyak pengendara kurang memperhatikan hal ini, padahal mengganti oli adalah faktor utama menjaga mesin tidak gampang rusak. Karena oli adalah darah untuk mesin motor itu sendiri," tegas Bakrie. (one)

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Laporan: Dian Kosasih/Jakarta

Baca juga:

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya