5 Tips Sederhana Memperpanjang Umur Helm

Helm Arai
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Alat pelindung kepala ini memang kerap dilupakan perawatannya. Pengguna motor biasanya hanya memperhatikan kondisi helm apabila ada bagian yang rusak atau baunya mulai apek saja.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Padahal, busa dan kaca helm juga butuh perhatian lebih, terutama jika sering digunakan saat musim penghujan seperti sekarang ini. Nah, agar helm tidak mudah rusak dan tetap nyaman dipakai setiap saat, ada baiknya helm dirawat dengan lima cara ini, seperti yang dilansir dari situs Welovehonda, Selasa 10 Februari 2015:

1. Sering gosok bagian luar helm dengan lap bersih yang sedikit dibasahi air, atau gunakan lap microfiber. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran yang menempel pada helm dapat hilang, sehingga cat tidak mudah pudar.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

2. Jika tidak sedang digunakan, letakkan helm pada tempat yang datar dan berangin, agar sirkulasi udara di dalam helm bisa optimal. Jika pertukaran udara memadai, maka bau keringat bisa diusir dari busa helm.

3. Jangan menggantung helm di kaca spion atau setang motor, karena bisa merusak struktur busa helm.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

4. Jangan pula letakkan helm di atas tangki bensin, karena uap bensin yang keluar dari lubang hawa tangki bisa menyerap ke dalam busa, dan membuat penggunanya mual-mual karena bau bensin.

5. Terakhir, sering-sering mencuci kaca dan busa helm. Udara kotor dan asap kendaraan biasanya menempel pada kaca helm, sehingga akan timbul efek berminyak pada kaca. Selain itu, busa helm yang lembab juga bisa menjadi sarang bakeri penyakit.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya