Cara Mudah Agar Tak Tertipu Beli Mobil Bekas Banjir

Mobil di Basement Plaza UOB
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Banjir jadi momen yang mengerikan bagi para pemilik mobil. Bila terendam banjir, mobil mereka gampang rusak bahkan mati total.

Daripada rugi lantaran membutuhkan biaya besar untuk memperbaiki, mereka justru memilih menjual mobil dalam keadaan mesin rusak dan beberapa komponennya tidak berfungsi lagi.

Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil bekas dalam waktu dekat, diharapkan dapat memperhatikan dan mengetahui ciri-ciri mobil yang telah terendam banjir.

Menurut pengelola bursa mobil bekas Blok M Plaza, Taufik, cara yang paling gampang untuk mengetahui apakah mobil seken itu bekas terendam banjir bisa dilihat dari bagian jok bawah yang memiliki per.

"Jika dilihat, itu ada per, biasanya per akibat terendam (banjir) tersebut berkarat. Jika susah dilihat, diraba pun terasa," kata Taufik kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Februari 2015.

Taufik juga menyatakan, mobil bekas terendam banjir meski sudah dicuci, serta dirawat ke salon mobil atau telah dilakukan penyegaran di bagian interior, namun biasanya per tersebut tetap akan berkarat.

Tidak hanya itu, selain per berkarat, mobil bekas terendam banjir lebih sering bermasalah, terutama di bagian mesin. "Meski sudah diservis pasti banyak masalah lain dan haru diganti-ganti," ucap Taufik. (ase)

Baca juga:

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017