Kesalahan Pengendara Jadi Penyebab Utama Kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan sepeda motor.
Sumber :
  • Twitter/Fahra Rizwari

VIVA.co.id - Kecelakaan di tengah padatnya lalu lintas hingga saat ini masih sering kita jumpai. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi mulai dari kondisi jalan yang rusak hingga kondisi kendaraan yang tidak layak.

Namun dari dua faktor itu masih ada faktor utama yang menjadi penyebab kecelakaan hingga saat ini, yaitu faktor kesalahan pengendara itu sendiri. Hal itu diungkapkan Inspektur Jendral Polisi, Condro Kirono selaku Kepala Korps Lalu Lintas Polri.

Begini Jadinya Jika Ferrari Tabrak Sapi
"Penyebab kecelakaan hingga saat ini masih didominasi oleh kesalahan dari pengendara itu sendiri," kata Condro Kriono di gedung NTMC, Jakarta, Rabu 11 Februari 2015.

Kecelakaan KM 21 Tol Cikampek Paling Mengerikan 2 Bulan Ini

Condro Kirono mengatakan, perilaku mengemudi juga dipengaruhi oleh manajemen waktu dan suasana hati. Pengendara yang diburu waktu dan dalam kondisi tak tenang justru membahayakan pengendara.

Sehingga pihak kepolisian mengimbau bagi para pengendara untuk tahu perkiraaan jarak yang akan ditempuh dengan waktu yang dibutuhkan untuk sampai tempat tujuan dengan selamat.

"Kita harus tahu waktu yang dibutuhkan untuk sampai tempat tujuan dengan sistem lalu lintas saat ini, sehingga kita akan lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam berkendara," tegas Condor Kirono.

VIDEO: Ajaib, Bocah 4 Tahun Selamat Meski Terlindas Mobil

Laporan: Dian Kosasih/Jakarta

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya