Radiator Bocor, Coba Tambal Pakai Sabun Batangan

Mesin overheat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ottodasbor.com
VIVA.co.id -
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
Peran radiator dalam sistem pendingin sangat penting. Di komponen inilah air radiator tersimpan. Air radiator akan bersirkulasi untuk menyerap dan melepaskan panas mesin.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Namun, proses penyerapan dan pelepasan panas tersebut tidak akan berjalan maksimal jika kuantitas air tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Salah satu penyebab air radiator berkurang adalah radiator bocor.
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan


Dilansir
AstraWorld
, dari sekian banyak penyebab, ada beberapa hal yang paling sering memicu kebocoran pada radiator, yaitu korosi (karat), atau kena benturan, baik karena tabrakan maupun karena terkena kibasan kipas radiator.


Khusus untuk bahan fiber, penyebab lainnya adalah panas dan tekanan air radiator. Akibat hal-hal ini, dapat terbentuk rongga atau celah di plat-plat (fiber) radiator. Dari celah itulah air merembes keluar.


Jika suatu saat mesin mobil Anda mengalami
overheating
, dan setelah melalui pemeriksaan ternyata ditemukan kebocoran pada radiator, tidak perlu panik. Ada langkah darurat yang bisa dilakukan. Tambal saja bagian yang bocor tersebut dengan sabun mandi batangan.


Untuk sementara, tambalan ini akan mencegah air merembes keluar. Sehingga proses pendinginan mesin bisa berlangsung normal kembali.


Setelah radiator tertambal, Anda bisa mengoperasikan kembali mobil. Tapi jangan lupa untuk mengontrol temperatur pada instrumen panel.

Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya