Ini Caranya Mengatur Answer Back System Honda

Kunci motor yang juga berfungsi sebagai remote Answer Back System.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Mencari sepeda motor milik kita di area parkir yang luas dan penuh dengan ratusan motor lainnya memang menjadi urusan yang menjengkelkan, terutama bila kita lupa posisi parkir motor.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Tidak seperti mobil, kebanyakan parkiran motor tidak dilengkapi dengan penanda khusus lokasi, yang bisa menghemat waktu sang pemilik motor saat ingin pulang.

Dilansir dari situs Welovehonda, Kamis 12 Februari 2015, hal inilah yang mendasari PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meluncurkan fitur Remote Answer Back System, atau biasa disingkat menjadi R-ABS. Fitur ini memungkinkan pemilik untuk melacak keberadaan sepeda motor mereka yang tengah diparkir.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Saat ini, jenis motor Honda yang sudah dilengkapi dengan R-ABS adalah skuter matik Vario 110, Vario 150 dan PCX 150.

Caranya cukup mudah, sang pengendara hanya perlu menekan tombol yang tersedia di kunci remote. Apabila tombol ditekan, maka remote akan mengirim sinyal pada sistem penerima yang ada di motor, dan kemudian mengaktifkan kedua lampu sein, dan juga memberi bunyi isyarat "bip".

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Namun, belum banyak pemilik Honda yang mengetahui bahwa sistem ini bisa diatur, dan bila perlu, dinonaktifkan. Caranya juga cukup mudah.

Bila ingin mengubah tingkat kekerasan suara, pemilik cukup menyalakan kontak motor (posisi On), kemudian menekan tombol yang ada pada remote sebanyak dua kali, lalu mematikan kontak (posisi Off). Lakukan hal ini sebanyak tiga kali.

Setelah itu, nyalakan kembali kunci kontak, dan tekan tombol remote untuk mengubah tingkat kekerasan suara. Setelah didapat volume yang diinginkan, matikan kontak.

Hal yang sama juga dilakukan jika pemilik motor ingin mengubah nada "bip" yang dihasilkan motor. Namun, perbedaannya, pemilik harus menekan tombol sebanyak tiga kali. Nada "bip" yang bisa dipilih ada tiga, yakni "bip bip", "bip bip bip" dan "bip" panjang sebanyak dua kali.

Terakhir, bila pemilik tidak ingin menggunakan fitur canggih ini, mereka dapat mematikannya, dengan cara yang sama seperti dua pengaturan sebelumnya. Namun, jumlah penekanan tombol adalah sebanyak empat kali, yaitu nyalakan kontak, tekan tombol empat kali, matikan kontak. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali.

Bila sistem mati, maka lampu pada kunci remote akan berubah menjadi merah, sementara nyala hijau berarti sistem dalam posisi aktif. (one)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya