Setir Mobil Tiba-tiba Berat? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - Apakah Anda pernah mengalami, tiba-tiba saja setir mobil kesayangan terasa lebih berat saat berkemudi? Meskipun hal ini terbilang sangat jarang terjadi, namun kasus ini juga perlu diperhatikan.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Beratnya setir saat mengemudi bisa juga terjadi pada mobil yang telah dipasang teknologi power steering sekalipun. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini, karena bertambah beratnya perputaran kemudi tidak begitu terasa.

Dilansir dari situs Toyota Astra, Kamis 19 Februari 2015, beratnya kemudi bisa disebabkan karena dua faktor utama, yakni perilaku pengemudi dan akibat komponen mesin mobil yang memang berjalan tak normal. Namun, yang paling banyak terjadi adalah akibat perilaku pengendara yang tak disadari.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tak jarang juga pengendara menuduh performa mesin yang tidak memadai atau alasan teknis yang lain. Apapun alasannya, persoalan ini tak bisa dianggap sebagai kejadian yang biasa saja, karena selain dapat menguras tenaga pengemudi, kejadian ini juga bisa merusak mesin mobil. Alhasil, terpaksa Anda harus kembali merogoh kantong untuk membetulkan kendaraan.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda yang menghadapi masalah seperti ini, untuk memperhatikan dua hal berikut:

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Pahami Dimensi Ban dan Lingkar Roda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pahami terlebih dahulu, sebelum mengganti, dimensi ban dan lingkar roda. Biasanya, penggantian dari satu dimensi ke dimensi yang jauh lebih besar akan membuat lingkar kemudi menjadi lebih berat. Misalnya saja, ban mobil standar dengan ukuran 13 inci dan bertapak halus akan Anda ganti menggunakan ukuran 15 inci dengan kembang kasar. Tentu saja, hal ini akan membuat kemudi terasa lebih berat jadinya.

Perhatikan Ketebalan Kembang Ban

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah ban mobil Anda sudah tipis atau tidak. Ini juga bisa membuat putaran lingkar menjadi terasa lebih berat. Hal ini disebabkan karena ban dengan kembang yang sudah menipis tersebut akan mengadakan kontak dengan area aspal lebih sering.

Untuk senantiasa menjaga keselamatan dan kenyamanan, perhatikan kebiasaan Anda saat berkemudi. Rutinlah memeriksa keadaan ban, dan jangan lupa untuk menyesuaikan dimensi ban dengan lingkar ban mobil kesayangan Anda. (ren)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya