Jangan Pasang Boks Motor Terlalu Besar

(Ilustrasi) Boks SHAD
Sumber :
  • shad.es

VIVA.co.id - Saat ini, sudah banyak pengguna sepeda motor yang merasa perlu melengkapi motornya dengan bagasi tambahan. Semakin banyaknya barang bawaan, membuat boks motor menjadi solusi yang praktis.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun ternyata, banyak pemilik motor yang salah kaprah dalam hal penggunaan boks motor. Ada beberapa biker yang rela merusak tampilan motor dengan memasang boks berukuran besar, demi mendapatkan ruang bagasi yang lebih lapang.

Dilansir dari situs Welovehonda, Jumat 20 Februari 2015, selain tampilan motor menjadi kurang menarik, beratnya barang bawaan juga bisa menimbulkan masalah, seperti dudukan boks patah, dan bahkan melemahkan struktur rangka motor.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Selain itu, boks berukuran lebih besar dari yang disarankan bisa memengaruhi pengendalian motor, terutama saat hendak menikung. Itu sebabnya, sebaiknya pemilik motor mencermati terlebih dahulu, ukuran boks yang sesuai dengan motornya.

Sebagai panduan, bisa dengan berpatokan pada kapasitas boks. Angka 26 liter berarti ideal digunakan untuk motor-motor skutik, sementara 35 liter terasa pas untuk motor bebek. Jenis motor sport boleh menggunakan boks dengan kapasitas hingga 55 liter.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Jika dirasa kurang luas, pemilik boleh memakai boks yang ukurannya lebih besar, namun maksimal satu tingkat di atasnya. Artinya, motor skutik bisa saja menggunakan boks berukuran 35 liter, namun jangan dipaksakan hingga 55 liter.

Satu lagi yang perlu diingat, gunakan dudukan boks (bracket) yang berkualitas. Jangan sekali-kali membeli dudukan, hanya karena harganya yang murah, terutama jika Anda ingin memakai boks yang ukurannya lebih besar.

Terakhir, ingat bahwa ada penambahan panjang, sekitar lima hingga tujuh sentimeter. Jadi, hati-hati saat hendak mendahului kendaraan lain.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya