Setir Mobil Mengunci, Ini Solusinya

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - Setir mobil tiba-tiba mengunci sendiri atau 'ngelock' tentu kerap terjadi. Terkadang situasi tersebut membuat panik terutama bagi pengemudi pemula. Lalu apa solusinya?

Biasanya kejadian ini terjadi saat akan memarkir mobil. Sadar kondisi ban depan yang miring, terkadang secara spontan para pengemudi pemula kerap mencoba meluruskan arah ban saat mesin telah dimatikan.

Dan yang terjadi adalah setir, alarm, kunci kontak semua mengunci, kecuali pintu mobil. Situasi ini semakin membuat panik setelah kunci kontak mobil tidak bisa diputar untuk menyalakan mesin.

Kenapa bisa mengunci sendiri? Semua mobil rata-rata memang dilengkapi dengan fungsi seperti itu. Jika mesin telah mati atau kunci dicabut, terus setir dipaksa diputar maka akan secara otomatis mengunci.

Dilansir dari berbagai sumber, memang ada beberapa mobil yang dilengkapi dengan tombol kecil untuk melepas setir yang ngelock. Contohnya mobil Toyota Kijang keluaran 1991 yang telah dilengkapi dengan tombol kecil.

Kasus 'ngelock' setir mobil ini sebenarnya telah diantisipasi produsen mobil dengan buku panduan yang ada. Namun banyak pemilik mobil yang terkadang enggan membaca atau membeli mobil bekas tanpa panduan, membuat tips ini tentu sangat diperlukan.

Untuk melepas setir yang 'ngelock' sendiri ini sebenarnya sangat sederhana, Anda tidak perlu panik. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah kembali memasukkan kunci ke kontak mobil.

Lalu putar setir mobil yang terkunci ke kanan dan ke kiri sembari memutar kunci kontak. Lakukan hal tersebut secara perlahan dan tak perlu dengan tenaga besar yang ditakutkan justru akan merusak kunci kontak Anda.

Lakukan hal itu berulang-ulang hingga akhirnya setir mobil kembali terbuka dan dapat kembali distarter.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

![vivamore="Baca Juga :"]

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
[/vivamore]
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016