Ini Beberapa Sebab Oli di Kendaraan Cepat Berkurang

Ilustrasi oli kendaraan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mengganti oli merupakan hal penting yang perlu dilakukan secara rutin. Namun, jika Anda tidak tahu pasti kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli, sebaiknya lihatlah buku panduan yang diperoleh saat membeli mobil.

Panjang usia oli setiap mobil itu berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi usia oli? Berikut seperti diulas situs resmi Toyota:

Ketika oli mobil terkontaminasi atau mulai usang, oli akan mulai bekerja secara tak efisien dan harus segera diganti. Waktu penggantian ini sangatlah bervariasi. Setiap jenis mobil memiliki mesin yang berbeda dengan sistem penggunaan oli yang berbeda pula tentunya. Sehingga interval penggantian oli akan bervariasi dari satu jenis mobil dengan jenis mobil lainnya.

Mobil jenis lama dengan mesin tua akan membutuhkan penggantian oli yang lebih sering daripada mobil baru dengan mesin yang lebih canggih.

Faktor lain yang memengaruhi adalah cara mengemudikan mobil. Mengemudikan mobil dalam waktu yang singkat-singkat atau sering mengerem mobil secara mendadak dapat memperpendek usia oli.

Berapa Usia Normal Motor Matik?

Jika terbiasa mengemudikan mobil pada suhu udara lebih dari 32,2 derajat celcius atau pada suhu kurang dari 12.2 derajat celsius (mengemudi pada cuaca yang ekstrem), maka penggantian oli perlu dilakukan secara rutin.

Akan lebih mudah jika mobil dilengkapi dengan layar monitor yang memantau sistem oli secara otomatis. Sehingga, pemilik bisa mengetahui berapa banyak sisa usia oli dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli.

Honda Kenalkan Oli Baru Khusus Motor Bebek dan Sport

![vivamore="Baca Juga :"]

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya