Fungsi Oli Mesin yang Tak Diketahui Banyak Orang

Ilustrasi.
Sumber :
  • http://sidomi.com

VIVA.co.id - Banyak orang mengira, oli mesin hanya sebagai pelumas komponen di dalam mesin saja. Jika diibaratkan, oli seperti darah bagi mesin. Sebab oli yang mengandung lapisan-lapisan halus berfungsi mencegah terjadinya benturan antarlogam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, serta mencegah goresan atau aus.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Namun, ternyata tak hanya itu. Oli mesin ternyata juga memiliki fungsi lain yang jarang diketahui orang, yakni sebagai pendingin mesin. Demikian dilansir WeloveHonda, Senin, 13 April 2015.

Tentu banyak orang bertanya, "Bukankah jenis pendingin mesin hanya udara dan cairan (coolant radiator)?" Jangan salah, oli juga berperan dalam proses pendinginan mesin.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Penjelasannya, mesin motor tentu menghasilkan panas saat dihidupkan. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin.

Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya mentransfer panas tersebut dari ruang bakar. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen motor dalam performa yang baik. Panas yang terlalu tinggi (overheat) tentunya akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisikawi dapat menyebabkan pemuaian berlebih pada komponen mesin.

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya