Kendaraan yang Kerap Terjebak Macet Harus Sering Ganti Oli

Sopir taksi di tengah kemacetan lalu lintas Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Berkendara dengan kondisi macet banyak dilakoni para pemilik kendaraan di Tanah Air, utamanya bagi mereka yang beraktivitas di kota-kota besar seperti di Jakarta.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Namun ternyata, kemacetan memiliki efek tersendiri bagi kendaraan, lantaran mesin tetap menyala, meskipun angka di odometer tidak bertambah. Pertanyaan kemudian muncul, haruskah penggantian oli mesin dilakukan sesuai angka odometer kendaraan?
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan


Dilansir
AstraWorld
, Jumat 17 April 2015, sebenarnya pedoman penggantian oli berdasarkan jarak tempuh sudah diberikan pabrikan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan untuk mempercepat waktu penggantian oli jika kendaraan sering terjebak macet.


Perjalanan yang dihiasi dengan kemacetan panjang, umumnya membuat mesin kendaraan bekerja berat. Hal ini terjadi akibat tingginya frekuensi perpindahan gigi atau penggunaan gigi rendah dalam jangka waktu lama. Selain itu, meskipun kondisi berhenti lama, beban mesin tetap tinggi pada mobil, karena AC tetap bekerja.


Di samping menggunakan pedoman jarak tempuh, kita perlu mengetahui indikator-indikator lain yang mengharuskan oli perlu segera diganti. Caranya, periksa dipstik oli dan lihat kondisinya. Jika kuantitas oli sudah jauh berkurang, warnanya hitam pekat, dan ketika dioles di ujung jari terasa kasar, itulah saatnya Anda harus mengganti oli.


Begitu juga ketika mesin digas, putaran mesin terasa lebih berat dan bunyi lebih kasar. Jika hal ini yang Anda temukan, disarankan melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi terdekat, dan tidak usah ragu untuk melakukan penggantian oli.


Selain mengganti oli secara teratur, gunakanlah produk pelumas berkualitas tinggi, sesuai spesifikasi yang ditentukan oleh Agen Pemegang Merek. (ase)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya