Tips Ampuh Hilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil

Ilustrasi kabin mobil
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Menyetir mobil sembari merokok, tentu menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan bagi para pecandu rokok. Terlebih, dengan situasi macetnya jalanan ibu kota. Hasilnya, bau rokok di dalam kabin tentu sulit hilang.

Bau rokok di dalam kabin mobil ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi penumpang lain yang tidak merokok. Bau ini sangat sulit dihilangkan, karena telah menempel pada jok, karpet, bahkan masuk ke sirkulasi udara.

Jika situasi seperti ini, tentu akan membutuhkan biaya sangat besar untuk membersihkan aroma rokok di dalam mobil Anda. Namun, ada beberapa tips ampuh yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau rokok membandel itu.

Menurut Toyota Astra, ada cara mudah mengusir bau rokok dalam mobil. Selain membersihkan kabin dengan pembersih bahan kimia seperti Scotchgard fabric and upholstery cleaner, dapat juga menggunakan pembersih alami seperti bubuk kopi, bubuk vanilla, kayu manis, cuka hingga kulit jeruk.

Tapi terkadang, cara itu kurang maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus sedikit bekerja keras. Nah, berikut tips ampuh untuk menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil Anda:

Pertama, Anda harus menyingkirkan semua sampah didalam kabin termasuk di jok dan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, lap juga interior dengan cairan pembersih.
   
Selanjutnya, untuk menghilangkan bau rokok pada jok atau karpet, Anda bisa menggunakan penghilang bau berbahan enzim. Bahan ini cukup efektif menghilangkan bau tak sedap. Namun, biasanya mahal.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Sedangkan untuk menghilangkan bau di bagian sistem sirkulasi udara mobil, Anda dapat menggunakan penetral bau, atau pengharum ruangan.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, parkirkan mobil Anda di tempat terbuka lalu nyalakan mobil dengan keadaan pintu terbuka semuanya. Tunggu beberapa menit, agar bau rokok pergi dari dalam kabin.
   
Dan yang terakhir, semprotkan pewangi pada air intake yang berhubungan dengan pemanas dan penyejuk udara. Sebagian besar mobil letaknya berada di bawah kaca depan.

Atur suhu pada tingkatan paling panas lalu semprotkan pewangi pada air intake tersebut. Dengan demikian, semua saluran udara akan netral dari asap rokok. Selamat mencoba! (asp)

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016