Cara Mudah Mencuci Helm Mahal Tanpa Banyak Biaya

Ilustrasi helm
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Jika Anda memiliki helm bermerek dengan harga yang cukup mahal, jangan bingung untuk merawatnya. Tidak harus dicuci di pencucian helm yang bersertifikat, kita sendiri bisa merawat helm mahal tanpa butuh banyak biaya, tapi hasilnya boleh diadu.

Dilansir WeloveHonda, Jumat 15 Mei 2015, kuncinya, cukup mencuci rutin dan butuh sedikit ketelatenan. Jangan pakai mesin. Disarankan mencuci dengan tangan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Sebab, yang dikhawatirkan jika pakai mesin otomatis justru merusak helm. Bandingkan jika dicuci sendiri, batasan mana yang boleh dilakukan dan tidak lebih bisa dikontrol.

Berikut tips-tips mencucinya:

1. Jangan mencuci helm tanpa membuka komponen penting. Usahakan bagian dalam helm dilepas seperti busa-busa di samping dan bagian atas. Jangan khawatir tak bisa mengembalikan lagi, karena helm bermerek selalu memudahkan pemilik untuk melepas dan memasang busa di bagian dalam.

2. Pisahkan busa dan cangkang helm. Cuci cangkangnya terlebih dahulu. Basahi pakai air biasa, baik bagian luar maupun bagian dalam.

3. Kucurkan sabun cair biasa atau detergen cair atau sampo (bila perlu menggunakan sabun khusus bayi yang lembut). Tak perlu khawatir soal cat, karena pada dasarnya helm bermerek sudah punya lapisan pelindung cat berkualitas tinggi. Gosok dengan tangan dan bersihkan bagian yang dianggap kotor.

4. Bilas dengan air hingga bersih dan tanpa menyisakan sabun cair pada helm. Ciri kalau helm masih mengandung sabun adalah permukaan yang licin.

5. Keringkan dengan lap khusus seperti kanebo. Biarkan kering sendiri tanpa dijemur.

6. Untuk mencuci busanya, lakukan langkah yang hampir sama. Cuci dengan sabun cair. Kucek, bila perlu sedikit disikat dengan lembut pada bagian yang dirasa sangat kotor (biasanya di daerah pipi dan dahi), dan bilas sampai bersih. Tak perlu direndam. Peras perlahan dan keringkan, bisa juga dijemur.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017