Pilih Aksesori Mobil Tidak Boleh Sembarangan

Ilustrasi aksesori mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id - Menambahkan aksesori pada kendaraan memang bisa membuat tampilan mobil jadi lebih keren. Selain itu, aksesori bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun, ada kalanya, aksesori yang dipasang malah justru membuat konsentrasi pengemudi menjadi terpecah, sehingga bisa memicu terjadinya kecelakaan. Ada pula beberapa aksesori mobil yang meski terlihat keren, ternyata justru mengganggu pandangan.

Nah, berikut panduan bagaimana memilih aksesori yang ideal untuk mobil Anda, seperti dilansir dari Toyota Astra, Jumat 15 Mei 2015.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Audio

Hindari memasang pengeras suara (speaker) secara berlebihan, karena speaker depan yang menempel pada pilar A dapat mengurangi area visibilitas Anda ketika mengemudi. Selain itu, kondisi ini bisa membuat Anda tidak nyaman saat berkendara.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Hindari pula menaikkan volume hingga sangat keras. Hal ini sangatlah berbahaya, karena suara klakson dari mobil lain maupun sinyal dari kereta api akan sulit didengar.

Apabila Anda ingin memasang audio yang berkualitas baik, ada baiknya mempertimbangkan lingkup ruang, dan sesuaikan pula arus listriknya, agar tidak mengganggu komponen yang lain.

Layar monitor

Tambahan layar monitor pada kabin memang menyenangkan dan menghibur, karena bisa mengurangi kejenuhan selama perjalanan, terlebih apabila kemacetan sedang melanda.

Namun, bagi Anda yang sedang mengemudi, sangat tidak disarankan untuk menontonnya, karena hal ini sama bahayanya dengan menelepon atau mengetik pesan singkat, ketika sedang mengemudi. Ada baiknya Anda tidak meletakkan layar monitor pada baris depan. Pada beberapa tipe mobil, biasanya monitor atau TV baru akan bisa ditonton ketika mobil dalam keadaan berhenti.

Dasbor

Beberapa pemilik mobil senang meletakkan pengharum mobil, tisu atau hiasan-hiasan kecil di dasbor mobil. Namun ternyata, meletakkan benda-benda tersebut di dasbor mobil rentan menimbulkan kecelakaan. Hal ini karena, bila Anda melewati jalan yang tidak rata atau melakukan pengereman secara mendadak, benda-benda tersebut akan berpindah posisi, atau bahkan jatuh.

Kondisi tersebut akan membuat konsentrasi mengemudi Anda terganggu, karena secara refleks, Anda akan menangkap, dan bahkan membungkuk, untuk mengambil benda-benda yang jatuh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya